Selasa, 12 Maret 2024

 Apakabar diriku? Tidak baik-baik saja. 


Salah satu tantangan terbesar dalam menghadapi putusnya sebuah hubungan adalah memori indah yang telah terjalin selama ini. 

E N A M tahun. Menurut lo aja?

Setiap tempat, setiap aroma, setiap lagu, setiap tekstur, setiap hal mengingatkan gw  pada sosok itu. Bener-bener selalu ada aja yang bikin inget. 

Transportasi umum yang pernah kita naikin bareng, tempat makan kita berdua, jalanan yang kita lewatin, sampe hal kecil kayak warna yang mengingatkan gw sama dia, aroma roti kesukaan dia. SEMUA SOAL DIA. Mati deh, kapan move on-nya?

Memori itu tidak akan pernah hilang, apalagi kayak gw yang punya kemampuan untuk mengingat setiap detail kejadian. Konteks, suasana, cuana, jam, aduh semua hal deh bisa se-detail itu gw inget. 

Duduk diam sendiri maupun pergi keluar, tidak ada yang bisa membuat memori itu berhenti terputar dengan jelas di kepala. 

Kalau yang tadinya nangis setiap inget sesuatu, sekarang udah mulai "hhh sayang yah udah putus". Tadinya perasaan ingin kembali ke masa itu sangat kuat, sekarang udah mulai "indah banget sih, masih inget rasa happy-nya". Pada akhirnya sedikit demi sedikit semuanya terasa semakin membaik. 

Proses ini semakin sulit kalau putusnya baik-baik aja kayak gw. Buat gw kalau putusnnya ada rasa kecewa, benci, atau perasaan negatif lainnya deh, move on tuh jadi lebih gampang! Tinggal kesel, marah, merencanakan balas dendam "liat aja gue bakalan lebih happy tanpa lo, happy dengan orang lain". Tapi kalo putusnya aja masih sambil saling cinta, masih panggil sayang, masih perhatian, gimana mau berpindah hatinya?

Detik ini gw menolak percaya kalau cinta ini akan usai setelah masing-masing atau salah satu di antara kita memiliki orang baru. Gw berharap sebelum kita punya orang baru, kita sudah bisa bersanding sepenuhnya sebagai sahabat. Karena rasa sakit yang ditimbulkan dari melihat orang yang kita cintai sudah bersama orang lain adalah rasa sakit paling najis se dunia. Melihat dia tertawa lepas karena lelucon pacar barunya, tempat baru yang mereka datangi (lebih parah kalo tempatnya adalah tempat nga date lama kita), belom lagi bayangin aduh itu deh pokoknya. Plis Tuhan gw gak mau banget mengalami fase kayak gini lagi. 

Gw bener-bener berharap kita pelan-pelan siap. Kita pelan-pelan mulai bergerak dan berkembang ke arah yang lebih baik. 

12 Maret 2024: Nangisnya masih ada, sedihnya ada banget, tetapi semakin hari semakin siap ditinggalkan sepenuhnya.

Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates