Jumat, 16 Oktober 2020







Semester 7 

Sebelum skripsi, di kampus gw ada yang namanya seminar. Intinya ya menyusun proposal penelitian bab 1 sampai bab 3. Sebenernya dari semester 5 pun dosen pembimbing akademik udah suka ngomong "jangan lupa mulai dipikirin loh topiknya, karena nanti gak berasa tiba-tiba udah seminar aja harus ajuin judul". Walau suka diingetin dosen PA, tetep gak pernah bener-bener menyiapkan diri. Sempet kepikiran dua topik yang sangat susah dan kayak... gak mungkin kali ya diambil?

Ide topik gw itu meneliti orang dengan dissociative identity disorder dan topik satunya tentang ibu yang udah mau melahirkan, terus tiba-tiba keguguran. Bisa dibayangkan betapa sulitnya nemu orang dengan karakteristik topik pertama dan betapa sulitnya bikin partisipan dengan karakteristik topik kedua mau ikut bergabung dalam penelitian. 

Masuklah semester 7 tanpa ada satupun topik di kepala. Saat itu rasanya kayak udah terlalu penat dan banyak kegiatan untuk bener-bener duduk mikirin mau ambil topik apa. Gw inget banget pengajuan topik ke calon dosen pembimbing itu dibuka jadi dua gelombang. Kita semua yang mau ambil seminar dikumpulkan dan beberapa dosen kasih tau karakteristik topik yang mereka terima sebagai anak bimbingan itu yang kayak gimana. Kita dapet list lengkap nama dosen dan topik mereka masing-masing, udah ada persyaratan khusus yang berbeda setiap dosennya kalo mau jadi anak bimbingan mereka. Ada yang harus bikin kerangka berpikir dengan minimal 10 jurnal, ada yang cukup satu paragraf aja, ya intinya beda-beda deh.

Ya sebagai mahasiswa yang makin kebelakang makin amburadul, tentu gw santai aja. Suatu hari gw pergi ke pembekalan organisasi selama kurang lebih empat hari tiga malam deh kayaknya, ke gunung gitu. Terus pas di tronton, jalan menuju ke Jakarta, dua temen gw lagi degdegan bukain e-mail. Tau apa yang mereka lakuin? Cek dospem yang diprospek terima mereka atau gak. Dua orang ini keterima, terus akhirnya munculah pembicaraan soal dospem. Banyak dari mereka yang udah kirim dan tinggal nunggu dosennya, gw cuma bisa duduk dan... WOI GUE BAHKAN GAK TAU MAU SAMA SIAPA DAN TOPIK APA.

Tentu tidak lengkap dunia perkuliahan tanpa panik dong? Saya panik. Ya.... udah pasti beberapa temen yang belom nentuin dosen, denger cerita tronton itu makin pengen cepet sampe Jakarta dan langsung buka laptop. Akhirnya gw chat temen gw.... "pokoknya gw fix ke kosan lo, gw gak mau pulang ke rumah sampe gw dapet topik dan ngirim ke dosen" karena gw tau sampe rumah pasti gak akan seambis kalo ada temennya, karena kebetulan kita berdua sama-sama belom ngirim ke dosen manapun. Padahal sebenernya ya masih ada gelombang kedua... tapi kayak... kalo bisa yang gelombang pertama kenapa harus yang kedua? Biar kalo gelombang pertama gak dapet dosen, masih ada gelombang kedua dong?

Saat itu emang fokus gw lagi terpecahkan banget dengan periode baru di organisasi dan sibuk jadi project leader yang acaranya bener-bener dikit lagi. Rasanya kayak... maaf semua kok penting ya ini aduh gimana dong? Tapi ya satu-satu akhirnya berusaha diselesain.

Sampe di kosan temen, gak pake lama, langsung buka laptop. Tau gak sih gw ngapain? Scroll google, topik psikologi/ide topik psikologi. Kayak... haduh. Itu yang namanya konstruk yang selama ini dipelajarin, udah nguap gak ada di otak. Karena buru-buru sampe gak ada yang terlintas di otak. Bahkan gw gak tau mau pake konstruk apa. Gw bener-bener cap cip cup... "Okay.. psychological well-being aja deh!.. pada apa ya???" entah kenapa langsung muncul di kepala "...pada anak yang memiliki orangtua dengan gangguan mental" KENAPA TOPIK ITU? Gak tau. Basiknya gw selalu tertarik sama banyak hal, ya udah itu aja yang ada. 

Gw langsung buka daftar dosen, gw scroll random cari dosen yang minat topiknya klinis. Ya udah gw dapet satu nama, gw langsung liat apa persyaratan dia, dan gw kerjain saat itu juga. Mahasiswa lain kan kayak... cari tau dulu ah dosen ini gimana, dia baik gak, enak buat diskusi gak, tipe bimbingannya gimana. Gw kayak... gak peduli, siapapun dospemya gw yakin gw bisa karena ya intinya di gw nya bukan dospemnya. Ya udah gw langsung kerjain aja dan kirim ke dosen itu.

Mahasiswa lain biasanya jaga-jaga ada pilihan dosen kedua, bahkan ada yang langsung approach dua dosen. Gw? Satu aja say cukup. Antara PD akan diterima itu dosen atau gila aja udah. Bahkan gw gak punya topik cadangan. Satu aja dan percaya diri, gas!!

Tanggal 4 Mei 2018, satu hari sebelum projek gw dimulai, gw dapet e-mail yang menyatakan gw diterima jadi anak bimbingan dosen gw. Diminta untuk ke kantor dia di tanggal yang udah ditentukan. Rasanya seneng banget tapi kayak.. Oh shit topiknya berarti fix nih yang itu. Sepanjang jalan degdegan gak menentu. Karena maaf nih topiknya gak sepele dan gw belom spesifikin apa-apa dari topik itu.

Hari pertama ketemu dosen secara langsung. Tentu merhatiin baik-baik mukanya dong?! Astaga ini dosen yang waktu itu pernah dateng ke pameran kelompok gw di kampus, dia nanya dan gw jelasin. Seenggaknya gak orang asing banget lah, walau belom pernah diajarin sama doi.

Dosen gw namanya Mbak Retha, hi mbak! 

Di pertemuan pertama Mbak Retha kasih tau apa aja yang akan kita hadapi selama jadi anak bimbingan dia. Dimulai dari feedback-an yang katanya akan sangat banyak, beliau yang gak akan ngejar-ngejar, dan di akhir Mbak Retha bilang "Kalo kalian masih mau jadi anak bimbingan saya, hubungi saya maksimal jam 12 (kayaknya), kalo gak berarti saya anggap mundur". Oh jelas dong dengan pd nya begitu keluar ruangan Mbak Retha, langsung e-mail menyatakan kalo gw tetap mau jadi anak bimbingannya. Terserah mau dikerasin kayak gimana, karena emang yang saat itu gw butuh. Masa ketika semangat gw lagi menurun karena banyaknya kesibukan dan juga masalah. 

Inget ya, ini baru seminar, belom skripsi. 

Ya udah dimulai lah kebingungan mau dibawa kemana ini proposal. Jujur bener-bener gak ngerti sebenernya penelitian ini harus dispesifikasikan sampe sespesifik apa. Paham gak sih lo???!! Ok gw pikir gw harus spesifikin gangguannya, gak mungkin dong cuma orangtua dengan gangguan, ya gangguan apa??!! Karena pasti akan repot di bab 2 nya, kalo udah spesifik kan enak gitu. Tadinya gw mau orangtua dengan gangguan depresi, cuma gw mikir... kayaknya kalo depresi susah nih nemuin orang yang bener-bener didiagnosa depresi. Akhirnya orangtua dengan gangguan skizofrenia. Umur anaknya juga gw golongin jadi anak usia remaja. 

Dengan sangat tidak totalitas, gw berusaha pelan-pelan kerjain bab 1 yang super berantakan. Selesai revisi, kumpul, dan ketemu dosen secara langsung. Gw kasih tau aja nih, gw setiap mau jam bimbingan rasanya kayak mau pingsan banget. Mendekati jam bimbingan badan panas dingin, naik lift udah kayak lagi otw ke ruang sidang, nunggu di depan kantor dosen rasanya kayak.... duhhhh sampe kapan gw deg degan kayak gini??!!

Masuklah ke ruangan Mbak Retha untuk bimbingan proposal pertama kalinya, udah aja gw isinya cuma iya iya aja. Gw setakut itu sama dospem gw, baik banget orangnya, tapi takut banget gw segan paham gak sih segan banget hey?! Nanti kalo ada pertanyaan/sanggahan baru kepikiran beberapa jam setelah bimbingan pas udah gak degdegan lagi :)

Semenjak seminar, pertanyaan yang hampir selalu temen angkatan tanyain adalah "siapa dospem lo? apa topik lo?" setiap gw jawab apa topik gw, semua orang kayak 👁 👄 👁 , setelah ekspresi itu pertanyaan selanjutnya adalah "lo udah nemu partisipannya??" dan ditutup dengan pernyataan"gila susah banget topik lo" makasih ya semuanya, makasih. Tanpa diingetin gw tau banget betapa menantangnya ini topik kok :')

Apakah gw menyerah dengan semua komen orang? YA ENGGAK LAH, GAS!!

Setelah belom juga mengutamakan seminar, akhirnya lulus dengan nilai seadanya, dan move on ke skripsi. Begitu skripsi, dospem minta ketemu, pertanyaannya adalah "masih mau lanjut dengan topik ini gak?". YA KALI NYERAH? GASSSSSS!! 

Gw inget Mbak Retha bilang gini "topik kamu ini emang susah, kan saya udah pernah bilang dulu" mbak, kalo baca ini, saya mau bilang, jujur saya lupa mbak pernah bilang gitu hehe.

Ya udah akhirnya skripsi tetap dengan topik yang sama, tetap dengan kekacauan bab 1-3 yang perlu dirombak, dan partisipan yang belom gw dapet. Jujur bahkan gw gak tau caranya dapetin partisipan dengan karakteristik yang gw cari. Tapi gw udah terlalu lelah kalo harus ulang lagi nih proposal skripsi, gw bener-bener mau ambil data aja. 

Apakah memasuki skripsi akhirnya langsung ambil data? Tentu gak hey :) perjalanannya masih panjang. 






Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates