Selasa, 26 Desember 2017



Kali ini gw akan berbagi kisah tentang salah satu mata kuliah anak-anak psikologi di Atma Jaya. Metodik Tes (Mettes).

Sore itu kami semua FPUAJ 2015 dan mahasiswa lainnya yang gagal atau belum ambil mata kuliah Metodik Tes dikumpulkan di gedung Y15. Kami diminta untuk membawa semua hal yang dibutuhkan di mata kuliah mettes. Masih banyak mahasiswa yang salah atau gak sepenuhnya berpakaian sesuai standart mettes, termasuk gw. Gw belom beli blazer karena takut blazer yang gw beli gak sesuai dengan standart mettes. Aneh gak sih? Hari itu baru mau dikasih arahan tentang mata kuliahnya, tapi kita diminta buat membawa hal yang dibutuhkan di mettes. Senior satu-satunya jawaban kita semua dan setiap seniorpun punya jawaban yang berbeda-beda.

"Seingetku sih gini ya"
"Wah dosenku agak beda takutnya gak sama nih sama yang lain, coba tanya yang lain De"

RIBET. Satu kata paling sesuai untuk menggambarkan mettes. Kita diminta buat pake kemeja putih atau berwarna pastel (tidak mencolok), blazer hitam/biru tua, celana bahan menutupi mata kaki atau rok dibawah lutut (pas duduk juga harus dibawah lutut), heels/wedges 7 cm yang kalo dibawa jalan gak bunyi 'pletok pletok', pake stopwatch yang kalo dipencet udah gak ada suara 'nit nit' nya lagi, wanita rambut harus diikat dan anak rambut harus di jepit, name tag, dan gak boleh pakai riasan wajah berlebihan. Untuk laki-laki kemeja, celana bahan, dasi dan fantovel aja, gak seribet perempuan.
Oh ya masih ada lagi peraturan yang nyusul dikasih, yaitu laki-laki yang pake daleman kaos, gak boleh nembus ke luar. Atau peraturan yang sifatnya rumor kayak iketan rambut harus hitam, pokoknya segala sesuatunya netral hitam atau putih.
Ok itu baru secara penampian.
Kita harus bawa pensil HB merek tertentu, papan jalan, pulpen empat warna (hitam, merah, hijau, dan biru), penghapus, penggaris, dan kalkulator.

Kalo ada satu yang kelupaan atau gak sesuai? NILAI MINUS.


Belom sampai disitu uniknya mata kuliah ini. Mahasiswa tidak boleh telat sedikitpun. Keterlambatan hanya 5/10 menit itupun nilai dikurangin, kalau lebih dari itu? CEKAL. Gak ada tu berlaku kehadiran minimal 75%, kehadiran minimal 100%

Denger itu semua gak kaget kaget amat lah, udah denger cerita senior dari jaman baru masuk kuliah. Setelah dibacakan peraturan dan segala hal yang berhubungan dengan penampilan, kita semua membeli diktat, isinya instruksi alat tes yang bersifat rahasia. Kalau sampai buku itu hilang atau ditemukan tergelatak di area kampus tanpa pemiliknya, habislah sudah riwayat manusia itu.

Jadi apa inti mata kuliah ini?
Kita diminta untuk memberikan instruksi tes. Udah itu aja.
Yang jadi tantangan adalah sederet peraturan yang ditetapkan dan menghafal instruksi yang luar biasa mudah nya :)
Sebenernya emang gak sesusah itu, yang susah itu kalo lo udah hafal, pas hari H mau praktek dosen tiba-tiba ngasih instruksi tambahan sambil memperagakan alat tes nya. Terus otak lo harus bekerja secepat kilat untuk menghapal semua instruksi baru. Mantap!

Beruntungnya hamba dapet kelas jam 12 siang, sebagai warga Bekasi kalo sampe dapet yang jam 7 pagi terus tiba-tiba ada hal yang tak terduga? Habis riwayat.
Kelas gw satu-satunya kelas yang siang HE HE HE HE. Gw sengaja ambil dua kelas di pagi, jadi 99% kemungkinan terlambat terhapuskan.

Sepanjang perjalanan mata kuliah ini, lumayan banyak drama.
Ada yang terlambat terus hari itu nilai dia 0
Ada yang terlambat dan masuk-masuk pake celana olahraga
Ada yang dalemanya keliatan disuruh ganti
Ada yang kancingnya ke buka terus di minus
Tapi untungnya gak ada yang cekal, aman

Di kelas gw ada satu mahasiswa hobi nya telat, dua sih tapi yang satu ini paling sering.
Udah aja semua orang deg degan, bahkan asdosnya muka nya tegang sambil liatin jam menunjukan pas jam 12.00. Begitu asdos mau mulai ngomong, itu manusia satu datang dan semua seolah menampilkan wajah "WAAHHHHHHH HOKIIII LUUUU"

Jadi tu sistematika penilaianya setiap orang punya poin 100 di setiap pertemuanya, nah pelanggaran yang dilakukan dan baik buruk selama membawakan tes bisa mengurangi nilai mahasiswa. Semakin baik dan gak ada yang dilanggar maka nilai bisa aja sempurna, walau gak mungkin.
Volume suara kekencengan lah/ kepelanan, berbicara terlalu cepat/lambat, kurang mengajak testee untuk mengikuti arahan lah, dan lain sebagainya itu yang mengurangi nilai. Bahkan cara lo berdiri aja juga di perhatiin.
Tapi pernah ada satu mahasiswa yang hampir sempurna, sampe dosen gak bisa komentar apa-apa.

NAH! Mettes yang seminggu sekali itu cuma latihan doang. Ada yang namanya praktikum. Selama kuliah mettes, praktikum itu ada dua kali, dengan tes yang berbeda. Jadi mahasiswa diminta untuk membawa 2 orang. Kalau sampai orang itu gak dateng, mau alasan terparah kek atau apalah itu, tetep mahasiswanya cekal. Makanya dosen selalu nganjurin untuk ngajak anak kosan aja. Di praktikum selanjutnya diminta buat bawa satu orang.
Gw jamin 100% semua anak mettes pasti mohon mohon setengah mati biar testee nya gak terlambat. Dulu jamanya seinior ada testee yang gak bisa akses kendaraan buat ke kampus, mahasiswanya sampe nyuruh dia naik taxi dan akan dibayarin. Wah semua pengorbanan berupa uang atau apapun itu dikeluarkan demi testee nyampe di kampus TE PAT WAKTU. Siapa coba yang mau ngulang mata kuliah ini? Bukan susahnya, ribetnya.

Kalo misalkan ketegangan praktikum bisa di tonton, semua pasti ketawa.
Beberapa orang mahasiswa mondar mandir menggunakan blazer, wajahnya tegang, tangan kanan memegang handphone. Yang satu wajahnya tertawa karena mendapat kabar testee nya sudah dekat, yang satu muka nya nahan berak karena testee nya belum angkat telpon, yang lainnya lagi ngapalin ulang instruksi karena testee nya udah dateng daritadi di ruangan, duduk manis sambil makan roti, beberapa mahasiswa lain lagi ngecek ketersediaan alat tes, ada yang lagi megangin lembar kehadiran testee, dan ada yang lari-lari ngambil makan siang testee--itu gw :)

Ibaratnya nih lo itu penyelenggara konser, lo bikin event nya sebaik mungkin dengan rundown se efisien mungkin, lo narik dua orang buat dateng dan memastikan dia dateng karena kalo gak dateng siapa dong yang nonton konser nya? sambil memastikan mereka datang lo sambil siapin apa yang mau ditampilkan ke mereka, lo juga siapin beberapa makanan kecil untuk mereka, saat semuanya udah beres, lo juga yang akan nyanyi di konser lo sendiri. Iutulah Mettes, semua dilakukan sendiri, ya bersama teman kelompok sih, tapi ya gitu tetep aja.

Dengan segala drama yang terjadi saat praktikum yang gak perlu di ceritakan disini, selesai sudah praktikum satu dan berlanjut ke praktikum dua yang sebenernya jauh jauh jauh lebih mudah. Bedanya di praktikum dua semuanya dikerjakan sendirian.

Belom lama nilai keluar, gw lulus walau dengan nilai yang sebetulnya bagus tapi gak sesuai sama apa yang gw mau. Tapi seenggaknya gak cekal kayak beberapa teman kelas lain yang kurang beruntung, dia cekal tinggal satu praktikum lagi :(

Setidaknya kaki pegel pake heels udah gak ada, ributin perlengkapan yang kelupaan juga udah gak ada, dan yang terpenting gak usah pake baju sepanas baju mettes lagi.

Mettes adalah pengalaman yang sangat menarik.




Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates