Sabtu, 16 Desember 2017



Ini pertama kalinya gw ngulang mata kuliah.
Statistik dasar.

Waktu itu gak lulus statistik dasar karena dapet D, ya setidaknya gak dapet E. HEHE.

Dulu, waktu semester tiga tau kenyataan pait ini, rasanya mau ngubur diri hidup-hidup. Kurang tau diri emang, udah gak pernah belajar, males kumpul tugas dan rangkuman, masih aja bermimpi buat lulus. Waktu itu liburan rasanya kayak gak liburan, kerjaan gw cuma bengong dan nangis. Nangisin kegagalan yang memang semestinya memang gw alami. Mungkin karena itu pertama kalinya gw gak lulus, makanya gw sepatah hati itu.

Wah rasanya campur aduk. Ada rasa benci sama asdos yang sebenernya gak salah, males banget harus ketemu statistik itu lagi, merasa malu karena gagal, dan yang terpenting gak kebayang tuh gimana jadinya ngulang sama junior yang kemungkinan besar akan gw kenal. Gw merasa gw banyak mengenal dan dikenal junior dan pasti terlintas rasa malu dalam diri gw. Ya mau gimana? Semua harus dijalani dan dilalui dengan ikhlas.

Semester 4 gw ketemu inferensial, statistik juga. Lulus dengan nilai pas-pasan yang gw yakini gw bisa lulus karena dibantu sama asdos tercinta. Tapi gw sangat bersyukur karena kalau gw gak lulus inferensial itu artinya gw sudah dipastikan telat lulus dari psikologi Atma Jaya tercinta.
Tibalah semester 5 dan bertemulah gw dengan statistik dasar untuk kedua kalinya.

Awalnya gw bersemangat ingin mengenal dan mempelajari statistik, walaupun sebetulnya besar sekali rasa benci gw sama hitung-hitungan sejak SD. Gw selalu menghindari, gak mau belajar, dan berpangku tangan sama temen-temen. Bahkan saat ujian kenaikan kelas matematika di SMA, gw cuma tidur dan nanti Aldo seorang sahabat terbaik sepanjang masa, akan nengok dan bertanya "De, udah?" gw cukup menggeleng dan gw mendapatkan seluruh jawaban dari si lelaki super pintar itu.

Nah! Gw yang pertemuan pertama super semangat jadi males karena ternyata di kelas yang gw pilih banyak banget seniornya. Ada anak 2013, 2014, dan sangat banyak anak 2015. Gw merasa punya teman, nyaman disana, dan malas belajar. Udah kerjaan gw cuma main HP, kadang kalo niat ya minta ajarin Ilham gimana cara ngerjainya, dan ya intinya tidak belajar sungguh-sungguh. Gw tetep gak ngerti materinya sih hehe.

Hari ini, nilai statdas keluar. Gw lulus, dengan nilai pas-pasan. Mau kecewa gimana? Usaha aja gak! Gua cuma bisa berkata "YES!!!" dan bersyukur karena gw gak harus ketemu statistik dasar lagi untuk yang ke tiga kalinya.

Dari mengulang mata kuliah ada hal baru yang gw dapatkan. Gak se hina, se memalukan, dan se suram itu kok ngulang mata kuliah. Walau gak belajar dan belajar seadanya saat mau UTS dan UAS, tapi gw merasa bahwa saat mengulang ada informasi yang akhirnya bisa diingat saat dulu gak pernah kita ingat.
Ya tapi jangan jadi menikmati ngulang mata kuliah, bagaimanapun sebaiknya dihindari.
Btw, masih kesel sih selalu statistik yang membuat IP gw gak sebagus yang seharusnya. Seandainya gak ada statistik di dunia perkuliahan ini, pastilah IP gw menjulang tinggi.

Sudahlah, saya bersyukur.


1 komentar:

halo kak, aku maba yg dapat nilai D dan harus ngulang di smt 3 nanti. sedih banget kak, ancur, malu. dan ini pertama kali dapet D di semester 1. ada saran ga ka menyikapainya gimana? malu bangeet T_T

REPLY

Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates