Senin, 02 Oktober 2017


Berkali-kali ketawa bahagia denger dan baca pengalaman orang naik ojeg online. Eh, hari ini gw yang kena. :)

Siang ini gw yang baru selesai UTS, selesai makan di kantin, buka aplikasi ojeg online dan berniat order ojeg. Dari kampus Atma Jaya Semanggi ke Stasiun Manggarai dengan ongkos Rp. 11.000. Deket dong yha berarti? Memang.

Setelah dapet ojeg cuaca tiba-tiba mendung, gelap, dan agak berangin. Tadinya sebelum order mau gak pulang dulu, tapi kata seorang teman "de.. cepet pulang sekarang jangan ditunda" bener juga gw pikir, daripada kejebak ujan? Terjang aja udah. Berhubung pengen buru-buru pulang dan tidur.
Baru dua langkah kaki ninggalin kantin, hujan turun. Hujan, bukan gerimis aja. Gw chat abang ojeg bertanya...
"Pak, ada jas ujan gak ya?"
"Ada kok mbak"
Ya udah. Walaupun sebetulnya ragu, mau cancel tapi gak enak. Akhirnya gw terjang itu ujan buat ketemu abang ojeg di samping antara Plaza Semanggi dan Atma Jaya dengan kondisi tanpa pelindung hujan apapun. Yha.. Basah.

"Atas nama mbak Chinintya Widia?"
"Iya iya mas"
*memberikan jas ujan seukuran anak TK*
*melihat jas ujan dengan mata nanar*
"Duh gak cukup" ucap dalam hati
"Ya udah deh mas ini buat nutupin tas saya aja"

Di tas ada mac, mending dia yang aman saya aja yang basah-basahan. Setelah posisi udah siap, si mas nya nanya
"Mbak, mau neduh dulu apa langsung?" sebanyak dua kali
"Langsung aja" udahlah mas, saya udah basah juga, dan kalo nunggu ujan mending gw cancel aja orderan gw.

Kami pun jalan. Tidak seperti abang ojeg yang biasa gw naikin dan nanya mau lewat mana, abang ojeg ini dengan yakin melaju dengan percaya diri. Kami jalan ke arah belakang kampus, Siloam, tiba-tiba abang ojeg ini belok kiri dan lewat lagi bagian depan Atma.
"Oh, abangnya mau lewat kuningan kali ya, arah sana" gw bergumam sendiri
Motor terus melaju diantara air hujan yang semakin deras. Tiba-tiba itu abang ojeg belok ke kanan, lewat terowongan. Kalo lewat kuningan lurus dong? :)
Lho, ini bukanya arah Blok M?
Saya masih positif.

"Ini mau lewat mana ya mas?"
"lewat sini lebih deket mbak"
"Ohh ya udah, saya gak pernah soalnya"

Iya, masih percaya. Gw mikir, kok ke arah blok M, gw kurang paham deh jalanan Jakarta yang repot itu tapi yang pasti gw mikir Manggarai itu arahnya ke belakang sana, kok ini nyebrang ke arah Blok M. Lah abangnya mau ke mana?
Jalanlah kita, mulai macet, macetnya biasa aja karena emang itu bukan jam sibuk Jakarta, jam satu siang. Yha, sebelah kanan ada Gelora Bung Karo. Semakin mikir ini mau kemana, tapi diem aja dan positif karena yakin abangnya pasti lebih paham jalanan Jakarta.

Gak lama, motor ambil jalan ke kiri, SCBD. Hm... Ok. Coba deh mau kemana coba? :) keluar SCBD, komdak. Mau kemana coba hello? :)
Hujan berhenti, keluari HP, cek maps. Cek maps dari lokasi dimana gw berada ke Manggarai versus dari kampus ke manggarai "Oh bener, km nya ini lebih dikit" iya gw juga emang goblog.
Setelah keluar SCBD, abang ojeg ini ambil jalan ke kiri lagi. Tunggu tunggu, bukanya ini ke arah tadi lagi? Blok M? Gw yang udah tau itu jalanan yang sama persis, masih mencoba positif. Lama-lama gw makin yakin ini jalanan yang sama. Gw masih diem. Gw pikir, oh ya abangnya tadi salah ambil jalan kali ya? :)
Iya, tau, salah jalan.

Kali ini abang ojeg nya gak lewat SCBD, dia lurus dikit dan ambil kiri yang lain, Sudirman Mansion. Iya, betul sekali, tembusnya ya SCBD lagi. Dengan hujan yang kembali turun, akhirnya gw bersuara..
"Mas, ini kok kayaknya jalanan yang tadi ya?" uhuy nada nya masih positif yha.
"Iya ya mbak, aduh maaf ya mbak saya salah"
"Emang mas nya tuh mau lewat mana?"
"Kuningan mbak"

Ku ni ngan. Tadi lo gak ngomong, kalo ngomong gw deh yang kasih arah. Padahal abangnya pake maps. duh :')

"Oh ya udah jangan lewat tadi lagi ya mas" sambil lewatin Kombak ke dua kalinya
"Iya mbak, ini nanti jembatan Semanggi itu saya ambil kiri ya?"
"Iya. Tapi saya gak tau ya jalanan itu boleh lewat motor atau gak" 

Iya, beneran gak tau itu jalanan puteran Semanggi bisa buat motor atau gak. Karena biasanya kalo lewat sana pake mobil. Pas abangnya mau ambil kiri, gw liat gak ada motor yang lewat sana, gak pd dong? Terus pas kepala motornya mau belok ada gambar motor di coret..
"Eh mas mas, itu dilarang tuh" baru abis itu gw baca kalo gak boleh nya jam 6 sampe jam 10 malem kalo gak salah. Ya sob daripada dia belok terus tiba-tiba gak boleh dia ketangkep, gw repot lagi gw pikir.
Akhirnya kita lurus lagi ke arah JCC "di maps ada jalan lagi kan?". Setelah si abang ojeg yakin ada jalanan lain, kita akhirnya melaju dengan hujan yang kembali berhenti. Itu baju dari basah, kering, basah lagi dan kering lagi.
Kita lewat senayan, pokoknya daerah sana deh. Muter-muter banget sampe akhirnya kita di jembatan benhil, jembatanya Atma Jaya. Yes, jadi daritadi itu jalan-jalan bersama kang ojeg dikala hujan.

Harusnya Manggarai ditempuh hanya setengah jam, ini satu setengah jam.
Akhirnya kita lewat Stasiun Sudirman. Hal apa yang mengejutkan? Kering, jalanan kering. :)
Itu di jalan nahan ketawa banget, gak kesel sama sekali entah mengapa. Padahal lagi super capek karena belum tidur sama sekali malem nya. Tapi ya udah, gak kesel aja malah lucu.

"Mbak, maaf ya mbak"
"Iya mas gak apa apa"
Setelah hampir tiba dia berkata
"Mbak, jangan aduin ke *sebut nama ojeg online*"
"Hah?"
"Jangan aduin ke itu"
"Oh.. Iya iya gak apa apa kok mas"

Beneran gak apa-apa. Menarik aja sih jalan-jalan sama abang ojeg.
Kepada seluruh abang ojeg, beneran deh mending nanya ke penumpang mau lewat mana. Kadang tu penumpang, apalagi yang bukan warga Jakarta, akan percaya sama ojeg yang dianggap lebih tahu jalanan tembus Jakarta.
Wah yakin 99% kalo yang naik bukan gw, abis itu abang ojeg di maki sama penumpang. Beneran kelar idup dia sebagai abang ojeg.

Ini cerita kurang indahku bersama abang ojeg, mana ceritamu?






Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates