Kamis, 22 Maret 2018



Terima Kasih 21 Maret 2018

Hari itu gw UTS Eksperimen. UTS dimulai jam 8 pagi. Tadinya gw berencana berangkat jam 5, sampe kampus biar bisa belajar dulu. Tapi karena baru tidur jam 3 pagi, akhirnya gw memutuskan untuk berangkat jam 6 dengan asumsi gw bisa sampe kampus pas jam 8. Sambil dengan percaya dirinya gak akan terlambat, gw mikir kalaupun amit-amit telat kan bisa telat setengah jam HEHE.
Gw selalu memanfaatkan waktu di jalan untuk tidur karena pasti gw selalu kurang tidur kalo ke kampus. Setelah menjadi orang pertama yang naik bus itu, gw langsung tidur tanpa mengontrol posisi bus.

Dalam keadaan yang masih asyik bermimpi, gw merasakan bus mulai jalan tersendat-sendat, ngerem mendadak berkali-kali. Sambil berusaha membuka mata, terdengar suara netyjen yang mulai kesal dengan keadaan, suara "ck! ck!" terlontar berkali-kali, terasa gerakan-gerakan tak berarti dari laki-laki yang duduk di sebelah gw. Dengan sangat amat yakin, ini pasti karena macet.
Setelah membuka mata dan melihat mobil-mobil yang gak jalan, gw menyadari kalo gw masih di Halim, waw sekali, kampus gw di Sudirman.

"Wah matahari udah tinggi nih" perasaan mulai gak enak, kayaknya kok.... ah! gak mungkin lah ya telat, sok mau positif.
Berusaha untuk tidur lagi, tapi hati ini gak tenang mau cek HP udah jam berapa. Tapi sok mau gak buka HP, biar gak panik kalo ternyata udah telat, mending tidur kan?
Tapi akhirnya gw cek HP, pas banget jam menunjukan 08.00, mungkin temen-temen yang lain lagi keluarin KIM nya dan siap-siap mau dapet kertas ujian, dan gw masih di Halim. Waw..

Tanpa rasa deg degan, gw berusaha mengatasi keadaan dengan senyuman. Hati emang gak deg degan, tapi jari sibuk chat sana sini minta pendapat oranglain, GW HARUS GIMANA DONG?!
Chat asdos berharap bisa dapet bantuan, padahal gw sendiri tau asdos gak punya kuasa apa-apa, ya biar tenang aja.
Emang pintu tol Halim itu paling jahanam luar biasa macetnya, akan macet sampe MT Haryono cuy.  Kadang karena jalurnya di buka tutup sama polisi, gantian sama yang dari arah Bogor atau arah manalah itu.

Sebuah notifikasi masuk
"Tolong sebarkan ke semua mahasiswa kampus Semanggi dan BSD kalau UTS hari ini di batalkan karena listrik Semanggi belum nyala" -Nama rektor-

Wah hoki nih gw! Berarti ujian diundur dong, yash!
Sedetik kemudian
"Eh gais, itu gak berlaku di semua fakultas ya, beberapa fakultas yang ujian jam 8 udah pada mulai kok, tetep dateng ke kampus aja"

BYE.

Saat itu gw udah berusaha untuk tetap yakin dan positif bisa sampe kampus dalam waktu setengah jam. Sepuluh menit berlalu dan bus baru jalan satu meter saja, lima belas menit berlalu suara netyjen yang terlambat mulai mengeras, dan detik-detik selanjutnya membuat pikiran positif yang daritadi gw bangun langsung ambyar begitu saja. Ah ini sih pasti telat!

Akhirnya, jam 08.30 gw turun di halte benhil, sedangkan terlambat maksimal hanya 30 menit, dan kelas gw posisinya jauh banget di belakang. Berusaha lari sebentar, tapi gak sanggup, akhirnya memutuskan untuk jalan cepat. Sampai kelas jam 08.37 menit. Waw.. tidak di izinkan ujian.

"Yuk ikut saya ke C4" kata mbak penjaga ujian
C4 itu sekretariat Psikologi, ya udahlah udah pasti suruh ambil surat permohonan terlambat.
Atma Jaya sedang mati lampu, maka perjalanan di tempuh dengan jalan kaki menuju C4, waw hoki sekali!
Setelah tergopoh-gopoh, berusaha sekuat tenaga yang masih tersisa untuk menaiki tangga, akhirnya sampailah gw di C4. Setelah ngomong sama orang sekre, mereka bilang gw harus minta surat keterangan dari polisi tentang macet karena car accident  dan keterangan kalo bus gw di tilang jadi memperlambat gw untuk ke kampus.

"Mending sekarang aja di urus ke kantor polisi. Itu di kantor polisi Setia Budi aja, biasa mahasiswa pada kesana kok" kata seorang mbak sekre memberikanku harapan, yang ternyata palsu.
Dengan semangat 45, gw memesan ojek ke polsek Setia Budi. Udara dingin, gerimis, semua gw hadapi demi dapet itu surat.

Belom sampe disini kesialan gw.
Datanglah abang ojek yang mau anter ke Setia Budi

"Mbak, tunjukin aja ya jalannya"
"Wah, saya juga gak tau pak itu dimana, saya baru pertama kali juga"
"Ohh"
"Pake Maps aja Pak"
"Ohh iya ya udah"

Motor melaju, lima detik kemudian...

"Kita nanya aja ya. Misi bro, kalo mau ke polsek Setia Budi gimana ya bro"
"Ooo... Ini lewat sini Kuningan bla bla..."

Motor melaju ke arah Kuningan, gw bingung dan gak ngerti kok lewat sini. Se gak tau taunya gw polsek Setia Budi, kayaknya lewat Karet lebih masuk akal ya HEHE. Bapak itu menyadari hal yang sama, kalo dia harus muter jauh. Akhirnya kita motong jalan, jalan yang biasa gw ambil juga buat ke kampus kalo samping Plaza Semanggi lagi gak bisa dilewatin motor. Sampailah kita di pertigaan, ketika semua kendaraan ambil kiri, dan gw mengasumsikan bapaknya tau kita ambil kiri, doi ambil kanan. Terus kita balik lagi ke jalan utama, waw mulai ingin menjambak bapaknya dari belakang.
"Pak kayaknya ini balik ke yang tadi ya pak...."
"Oh iya ya mbak, harusnya tadi ke kiri ya"
"Iya makanya ikutin maps aja pak"

"Misi bang, kalo mau ke polsek Setia Budi kemana ya?" ini dia tanyain sumpah kira-kira ke tujuh orang. GW KAN UDAH BILANG IKUTIN MAPS AJA KAN YA?! Dia ngikutin omongan orang-orang yang setiap petunjuknya saling berlawanan satu sama lain, jadi harusnya udah mau nyampe jadi jauh lagi karena petunjuk dari orang yang beda. Itu berlangsung berkali-kali. Berkali-kali juga gw bilang "MAKANYA IKUTIN MAPS AJA BAPAAAAAAKKK" Bapaknya siape si lo, emosi gue
Banyak jalan menuju polsek Setia Budi, semua omongan orang lo ikutin, kan gw gak nyampe-nyampe.

Akhirnya setelah kesel banget perkara mau ke Setia Budi, sampailah gw disana. Nanya ke polisi yang lagi jaga tentang surat keterangan jalanan yang macet parah, dia bilang gak ada surat kayak gitu. LHA ITU TEMEN-TEMEN GW SELAMA INI DAPET SURAT DARI SIAPE? NGEPRINT SENDIRI DI BENHIL MASA?! terus gw diminta ke bagian layanan masyarakat dan bapak disana juga bilang gak ada surat keterangan macem begitu. Yawdala, gw chat semua orang yang pernah ke polisi minta surat. Salah seorang temen bilang gw ke polsek Tebet aja, pasti dapet.

Bodohnya gw bukannya langsung ke Tebet, malah ke Atma dulu, karena tadinya mau minta temenin temen gw yang kasih rekomendasi ke Tebet. Eh ternyata tu bocah udah balik, sia-sia gw ke Atma. Setelah makan kebab dan nanya ke orangtua kira-kira Komdak bisa gak dimintain surat keterangan macet, bokap bilang bisa ke bagian layanan masyarakat. Dengan percaya diri gw kesana. Ketemu polisi didepan gerbang, disuruh ke gedung tengah, disana ngomong sama polisi kedua, disuruh ngomong ke polisi ketiga, terus disuruh ke gedung sebelah kiri. Sampe sana ngomong sama polisi keempat, disuruh ngomong ke polisi lima, terus disuruh ngomong ke polisi enam, dan akhirnya? GAK ADA SURAT KETERANGAN BEGITU.
BYE.

Inilah kenapa gw males banget berhubungan sama hal-hal berbau pemerintahan. Ribet, lama, muter-muter, hasilnya zonk.

Akhirnya jalan lagi ke halte Komdak untuk nunggu ojek. Kali ini langsung ke polsek Tebet, kalo sampe gak dapet gw udah gak tau harus gimana lagi. Masih sambil chat sama temen, si abang ojek belok ke kiri lewat jalanan Sudirman di siang hari yang gak boleh di lewatin sama motor. Kita dihentikan sama polisi lalu lintas, MANTAP.

"Mas maaf, jalanan Sudirman gak bisa dilewatin motor"
"Oh iya! Cuma jam jam tertentu ya" kata gw
"Iya.. Boleh minta SIM dan STNK mas?"

-mas ojek mengeluarkan SIM -

"Yak, STKN nya?"

Belum keluar itu STNK, Pak Polisi berkata...

"Mbak nya turun dulu mbak, tolong ini jagain motornya, saya mau ngobrol sebentar sama mas nya"
"Oh.. Iya" gw turun dari motor dan mundur empat langkah, kemudian dia bilang....
"Enggakk, sini mbak jagain motornya aja"

Gw yang polos ini masih gak ngerti situasinya. Kemudian bapak polisi yang masih sangat muda ini merangkul mas ojek ke belakang beton terowongan.
YA ELA MINTA SOGOKAN LU YE? -_-

Gak lama abang ojek keluar sambil ketawa. HEUH. Inilah kenapa susah buat percaya aparat penegak hukum, yang model sogokan ceban masih banyak di jalan. Mana sih wibawanya? Tegakkan hukum sesuai peraturan dong!

Setelah drama tilang, sampailah gw di polsek Tebet. Masuk ke dalam ruangan kecil, gw jadi orang ke tujuh untuk bisa bikin surat keterangan. Jangan sedih, satu orang aja lama banget, bapaknya juga ngetiknya pake mesin tik bukan komputer. Makin lama aja kan. Emang mesti sabar coy :')
Dengan sabar gw menunggu, tiga orang dalam ruangan asik main mobile legend, gw sibuk sama badan gw yang rasanya mau remuk karena lari sana sini.

Setelah nunggu, datanglah giliranku. Yakin pasti dapet karena pagi nya ada junior ke sini juga atas rekomendasi gw, buat bikin surat, dan dia dapet.
Masuklah gw dengan wajah yang berbahagia dan bapak itu berkata...
"wah mbak blanko suratnya abis, ini lagi mati lampu, mbaknya mau nunggu?"
HAANNJEENGGG

Gw masih gak tau harus gimana selain berkata "yah gak bisa ya pak?" lebih dari sekali.
"Iya, mbaknya mau fotocopy aja?"
"MAU!" daripada gak jelas kan pikir gw, mana gw tau PLN kapan mood buat nyalain lagi lampu ini polsek
"Nih print aja empat apa berapa terserah, itu di puskesmas tuh ada buat fotocopy"

Lari lah hamba keluar, nanya ke mbak-mbak yang jualan didepan polsek, ternyata bener ada fotocopy di puskesmas. Begitu masuk ke dalem, wah penuh juga sama ibu ibu gendong anak. Gw keluar lagi dan ternyata tempat fotocopy ada dibawah, deket parkiran motor, deket kantin puskesmas.
Begitu melihat alat fotocopy yang gak dijaga, gw masuk dan bertanya pada ibu kantin....
"fotocopy dimana ya bu?"
"itu, lagi istirahat sampe jam 1"
ALHAMDULILAAHH WASYUKURILAAHH BERSYUKUR PADAMU YA ALLLAAH

Menunggu dengan gelisah bersama penunggu tukang fotocopy lainnya, ngeliatin orang seliweran, ngeliatin lift depan mata yang kebuka tutup, sampe merhatiin apa aja yang dilakuin pekerja disana. Sampe akhirnya setengah dua itu abang fotocopy dateng.
Dengan berbahagia gw balik ke polsek sambil mikir "awas aja nih gw nyampe lampu udah nyala". Begitu masuk ke ruangan itu lagi dan serahin fotocopyan ke bapaknya, dia bilang...
"Iya nih udah nyala lampunya"
Gw merasa penantian gw nunggu tukang fotocopy itu sia sia :)

Setelah sabar nunggu bapaknya yang ngetik lama banget dan tipex tiap ada kata yang salah, akhirnya gw menjadi orang terakhir yang keluar dengan bangga, membawa sepucuk amplop coklat bercapkan polsek Tebet.
Keluar polsek udah ada ojek harusnya yang nunggu, ojek yang udah dipesenin temen. Karena merasa capek banget mondar mandir bikin surat, akhirnya gw memutuskan untuk ke kosan temen di Pluit. Dari Tebet ke Pluit, kasian kang ojeknya :)

Gw kira keluar kantor bakal langsung cabut gitu, katanya itu tukang ojek udah nunggu, gak taunya si abang nyasar. Nunggu lagi gw 15 menit. Sial banget emang :')
Setelah abangnya dateng, kita menuju Pluit di siang hari, di jam belum pulang kantor. Eh... macet banget. Kena macet dari Pancoran sampe CP Grogol. Terus hujan hujan lucu gitu mengiringi perjalanan.

Ada apa sih dengan 21 Maret. Tahe.






Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates