Kamis, 25 Februari 2021

Pict: Google


Kalo ditanya "mau ambil S2 apa?" jawaban gw selalu mantap "KLINIS DEWASA". Tapi gw sadar kalo ketertarikan gw ke klinis dewasa itu hanya sesederhana: Menghadapi orang dewasa lebih mudah daripada menghadapi anak-anak. Gw belom mendapatkan arti yang lebih mendalam kenapa gw mau jadi psikolog klinis dewasa. Pas S1 kalo ditanya "mau peminatan apa?" gw selalu bilang "pokoknya sosial dan klinis teratas, baru PIO, terakhir pendidikan". Gw menghindari hal-hal berbau anak-anak. Gw terjebak dengan pemikiran itu sampe gw gak sadar kalo isu-isu yang selalu menarik perhatian gw adalah tentang hubungan anak-orangtua. Isu yang selalu menarik perhatian gw adalah tentang bagaimana parenting orangtua memengaruhi pertumbuhan anak. Gw ingin mendalami bagaimana menjadi orangtua yang terbaik bagi anak. Gw juga sering banget nonton dan baca konten yang dibuat sama psikolog anak atau orang yang juga peduli dengan isu seputar anak dan orangtua. 

Sampai akhirnya hari ini gw cukup yakin bahwa gw mau jadi seorang psikolog anak. Gw langsung telpon temen gw:

"Eh lo harus denger temuan baru gw. Ternyata gw pengen jadi psikolog anak. Gw peduli banget sama anak-anak. Pantesan ya gw mau banget kerja di UNICEF"

dan teman gw menjawab "Iya makanya sejalan sama skripsi lo juga"

Astaga gw baru sadar banget kalo skripsi gw tentang anak yang memiliki orangtua dengan skizofrenia. Ternyata kepedulian gw terhadap anak dan orangtua itu sudah ada sejak lama banget, tapi gw terbutakan dengan keyakinan bahwa gw mau banget jadi psikolog dewasa. Gw terlalu yakin kalo gw akan kesulitan berkomunikasi dengan anak-anak, padahal gw sangat tertarik dengan anak-anak. Gw selalu membayangkan bisa dekat dengan anak-anaknya temen gw, membayangkan jadi tante keren yang bawain mereka buku setiap ketemu. Berbicara dengan mereka, tidak menertawakan perilaku mereka yang polos, dan mendukung apapun yang mereka lakukan. Gw ternyata selalu memimpikan berada di sebelah anak-anak dan melihat bagaimana mereka berkembang.

Tapi keinginan gw yang sangat besar untuk terjun di dunia anak-anak, tidak membuat gw hilang ketertarikan terhadap isu orang dewasa. Gw juga masih sangat ingin menjadi konselor untuk orang dewasa. Dua-duanya sama-sama menyenangkan bagi gw. Gw punya tujuan baik untuk kedua isu tersebut.

Ya udah gw cuma mau nulis gitu aja :)

Maaf ya gak ada kesimpulannya HAHAHA

Eh, siapa tau kan di sini ada nih yang membaca tulisan gw dan memiliki keresahan yang sama. Tulis aja di komen, kali aja kita jadi temen ya kan :)) 



Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates