Sabtu, 21 Mei 2016

Iya, gak, siapa juga yang baca pikiran lu, emang gue dukun?

Masih jadi fenomena yang aneh dan lucu saat orang-orang awam mikir kalo orang-orang yang belajar Psikologi akan membaca apa yang ada dipikiran mereka. HAHA. Ya gak lah ya, kita belajar ilmu pasti, mana bisa membaca pikiran seseorang saat liat orang itu? Gak mungkin.

Tenang, gw pernah jadi orang awam yang kalo denger ada Psikolog, gw pikir "shit, nanti gw dibaca lagi pikiranya" iya gw sebodoh itu dulu, memang. Makanya biar yang lain gak kayak gw, gw mau coba sedikit meluruskan.

Waktu itu, gw lagi di kampus, tepatnya di lantai 4, berdua, nunggu sesuatu yang gw udah lupa, didepan seketariat Psikologi. Tiba-tiba ada mas-mas dateng nyamperin kita terus duduk disebelah kita. Nawarin vocher salah satu restaurant terkenal, kalo kita beli voucher itu dengan harga tertentu, kita dapet keuntungan a,b,c,d,e,f,g sampe z. Sama sekali gak tertarik dan cuma dengerin buat ngehargain orangnya. Mas-mas itu orangnya asik, keliatan easy going dan bisa langsung blend sama orang baru. Ya karena kita bersikap gitu juga sih. Di sela-sela taktik promosinya dia selalu bilang gini "gw sih gak maksa ya, kalo lo berdua gak mau gpp, tapi...." dilanjutkan dengan promosi selanjutnya yang jelas-jelas anak bayi baru lahir juga tau itu taktik dia jualan. 

Ya gw berkomentar "alah, lu bilang gpp kalo gak mau tapi tetep aja usaha" dan komentar lainya yang gw juga lupa apa. Terus dia ketawa-ketawa. Selesai dia ceramah, temen gw beli vouchernya. Kita mau turun kebawah, begitupun dengan dia yang habis meluncurkan jurus ke gerombolan senior disebelah kita. 
Lalu, dia bertanya. 
"Kalian kuliah jurusan apa?"
"Psikologi"
"Ohh... Pantes ya tadi kalian bisa BACA PIKIRAN GUE"

ya, gw ketawa. Gak, gw gak baca pikiran lu. Semua orang tau gimana namanya orang jualan maksa oranglain buat beli produknya. Gak perlu anak Psikologi, anak SMA aja bisa tau.

Seriusan, bukan baca pikiran, tapi mungkin gini. 

Kalo kata dosen gw, kenapa ya anak Psikologi selalu dibilang bisa baca pikiran? Gak, bukan baca pikiran tapi kami menganalisis. Iya, itulah kerjaan utama kami. Analisis orang, kasus, fenomena, apalah dianalisis. Sampe akhirnya kebiasaan analisis itu udah jadi kebiasaan. 

Materi kuliah kita seabrek dan kalo kita gak aplikasiin semuanya bisa jadi nguap gitu aja. Makanya setiap ada materi baru yang dipelajari, secara otomatis dan wajib otak kita akan mengaitkan dengan fenomena tertentu. Pas liat fenomena tertentu, otaknya langsung nyari-nyari teori apa yang pas sama fenomena yang lagi kita liat.

Semua itu mengalir begitu saja. Mungkin 'baca pikiran' itu bisa diganti dengan 'memahami' ya. Karena kita belajar tentang manusia, semuanya tentang manusia. Jadi kita lebih memahami aja. Dan yang terpenting, kemampuan kayak gitu kayaknya bisa dilakuin sama yang mungkin udah lulus, atau anak-anak semester atas. Maksud gue, kemampuan menganalisanya lebih jago karena ilmu mereka juga lebih banyak. Bukan kayak gw bocah semester 2, yang baru tau permukaanya aja belum seluk beluknya.

Jadi, stop mikir kita bisa baca pikiran kalian. Gak, seriusan gak.

Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates