Minggu, 22 Mei 2016

Mau berbagi cerita yang menurut gw ngenes banget, dan gw gak nyangka hal kayak gini masih terjadi, di Indonesia.

Gw cetek sih kalo mikir negara kita ini 100% lebih baik. Maksud gw, dulu kita semua tau kereta di Indonesia itu kayak apa. Di dalam kereta sekacau apa dan sekotor apa. Tapi sekarang? Gila, "mana ada sih yang berani buang sampah lagi di kereta?" pikir gw. Nah, membaiknya transportasi yang satu itu menurut gw sangat berdampak ke transportasi lainya. Seperti bus, setau gw sih gak ada wacana jangan membuang sampah di bus. Tapi sepenglihatan gw bus di jaman sekarang udah gak sekacau dulu lagi kotornya, sepertinya masyarakat Indonesia sudah mulai biasa mengantongi dulu sampahnya dan gak lagi asal buang sembarangan, pikir gw.

Seneng banget karena kalo dipikir-pikir, walau sampah masih ada ada dimana-mana, seenggaknya ada beberapa tempat yang dulunya seberantakan itu, sekarang udah bersih dan terjaga. 

Karena gw mikir, 'kita' itu udah sebaik itu, akhirnya saat ada oranglain bersikap sebaliknya....

Waktu itu, gw naik kereta, sama nyokap, berduaan. Didepan serong kita ada seorang Ibu dan anaknya. Mereka sedang asyik bercengkrama dan menyelonjorkan kaki di bangku prioritas. Terus gak ngasih oranglain buat duduk, astaga. Gak lama, keluarlah beberapa gelundungan jeruk yang mereka kupas dan nikmati sepanjang perjalanan.

Lalu...
Kulit serta biji bekas emutan itu dibuang ke bawah. 
Hm menarik.

Gw sama nyokap langsung kayak yang... "HAH??!! GILA!" menurut gw gila banget, masa iya Ibu itu gak tau sih kalo di sini tu gak boleh buang sampah sembarangan. Atau, ya liatlah gimana sekeliling mereka, apa ada sampah yang berserakan seperti wajah kereta di zaman dahulu? Kan gak. Terus kenapa pd banget buang sampah sembarangan? Cuma bisa geleng-geleng aja.

Gak cuma itu, ada beberapa pengalaman lain dikereta dan ditempat umum lainya yang bikin gw sama nyokap selalu kayak "kalo sampahnya dibuang sembarangan, ambil aja biar malu"

Yap! Gw lakuin kok. Harusnya mereka-mereka itu memang malu, sampah yang satu detik lalu mereka lempar di jalan, gw pungut dan gw buangin ke tempat sampah. Semoga bisa mikir.

Nah, yang paling mengangetkan gw adalah kejadian yang baru aja terjadi beberapa hari yang lalu. Gw ke kampus, naik bus dan disebelah gw ada Ibu-Ibu dengan dua anak, dia pangku salah satu anak perempuanya yang sepanjang perjalanan gak bisa diem sama sekali. Anak itu selalu megangin plastik isi beberapa makanan miliknya yang gak mau dilepasin. Sampai akhirnya dia buka salah satu makanan miliknya, dan makan dengan santainya.

Saat itu gw tidur, tapi gw bisa tau apa yang si bocah ini lakuin. Sampai pada akhirnya, terjadilah sebuah percakapn si anak dan Ibunya.
"Ini udah habis, taroh dimana?" *sampah ciki bekas dia makan*
"Udah taroh aja dibawah, itu, tangan kamu kebawah, buang aja kebawah"

Gw yang lagi merem, bener-bener bangun, sedikit nengok dan bener-bener gelengin kepala. Keterlaluan kalo Ibu itu gak tahu dan gak merasa gelengan itu tertuju buat dia. 

Kok bisa?
Saat itu yang gw pikirin bukan lagi soal orangtua yang dengan kematangan umurnya masih aja belum bisa mikir dimana buang sampah yang tepat. Tapi yang gw pikirin adalah Ibu ini saat itu lagi mencetak anak yang akan meneruskan bangsa kita ini dengan pikiran 'buang aja sampahnya di Bus/kereta/jalanan' selo, sampah bisa dibuang dimana aja. 

Ya gak sih?
Ibu ini lagi ngajarin ke anaknya, kalo buang sampah itu seolah bisa dimana aja, buang aja. Kenapa Ibu ini gak minta anaknya untuk masukin sampah bungkus ciki itu ke dalam kantung plastik lagi? Kenapa harus dibuang kebawah? 


Terus gimana mau bersih ini negara kalo masih ada aja yang menurunkan kebiasaan buruk kayak gitu?
Gw pikir, himbauan jangan buang sampah sembarangan dimana-mana selama bertahun-tahun dan himbauan tersebut berlaku di beberapa tempat udah cukup buat kita semua tau dan berhenti untuk buang sampah sembarangan. Ternyata gak.

Kenapa, kenapa buat buang sampah di tempat sampah aja susah?
Kenapa gak dikantongin atau ditaroh di tas dulu sampahnya?
Kenapa susah sekali? Padahal sangat simple untuk dilakukan. 

Huf.



Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates