Senin, 24 Juli 2017

Untuk pertama kalinya dalam hidup gw, selama gw nginep di rumah temen gw yang udah berjuta kali gw inepin, gw diganggu sama mereka yang tak terlihat.

Panggil saja dia Anin. Anin, temen gw, dia bisa melihat, merasakan hingga diajak untuk berkomunikasi oleh mereka yang tidak dapat dilihat oleh orang kebanyakan. Gw sendiri kadang bisa ngeliat mereka, bisa merasakan dan kerap kali diganggu. Gw sering banget nginep di rumah Anin dan gak pernah ada hal yang aneh ketika gw berada disana. Walau gw sering diceritain Anin tentang hal-hal mistis yang pernah dia lalui di rumahnya, gw gak pernah mikirin itu dalam-dalam atau merasa was-was untuk berkeliaran bebas dirumahnya.

Rumah Anin ini dibagi menjadi beberapa bagian. Ruang tamu depan, disekat oleh sebuah pintu untuk mengakses ruang keluarga, dan disekat lagi oleh sebuah pintu untuk mengakses halaman atau taman belakang. Kamar mandi, meja makan dan dapur Anin berada di halaman belakang rumah Anin. Outdoor. Sehingga, gw perlu ke belakang untuk pake kamar mandi.

Hari itu, gw nginep di rumah Anin dan sampe dirumahnya kira-kira jam 11 malem. Karena salah makan, malam itu gw sekitar 3x bolak balik kamar mandi. Gw takut untuk ke belakang karena anjing Anin, Chelsea, lagi gak ditaroh dalam kadangnya. Sebenernya anjingnya baik, cuma suka gongong dan ngagetin aja. Jadi gw malam itu emang was-was buat akses kamar mandi di rumah Anin. 

Ketika akhirnya semua orang di rumah Anin udah tidur, kecuali gw dan Anin, gw meminta Anin buat nganterin gw ke belakang biar dia bisa megangin Chelsea. Bokapnya Anin bangun karena mendengar Chelsea menggongong. 

"Ini Pak, ada Dea" Sahut Anin.

Masuklah gw ke kamar mandi, dan Anin masuk ke kamarnya. Setelah beberapa menit, gw keluar dari kamar mandi, gak lama dari suara pintu belakang yang ditutup. Gw meyakini itu bokapnya Anin. Gw keluar dari kamar mandi dan celingak celinguk sekitar 2 menit buat ngeliat posisi Chelsea. Gw sebenernya gak setakut itu sama Chelsea, cuma kebayang gak sih kalo lo dengan pd nya jalan tiba-tiba si Chelsea gonggongin lo, yang ada respon gw jadi lebay dan buat seisi rumah bangun. 

Pas gw lagi memastikan keadaan aman, tiba-tiba bokapnya Anin buka pintu belakang dan keluar. 
"Loh! Kamu masih di belakang? Kok pintu di kunci"

Saat itu keadaan gw masih setengah sadar dan kurang ngeh apa yang disampein bokapnya Anin karena lagi was-was dengan kehadiran Chelsea. Merasa aman ada bokapnya Anin keluar, gw langsung lari ke dalam dan Anin keluar dari kamarnya karena mendengar bokapnya bukain pintu buat gw. 

"Nin kok pintunya kamu kunci?"
"Loh aku gak ngunci, aku kira tadi itu Bapak, aku denger Bapak ngunci makanya aku bingung"
"Kamu yang ngunci. Bapak itu denger kamu ngunci makanya Bapak keluar karena Bapak inget Dea masih di belakang"

Karen bokapnya Anin juga setengah sadar, akhirnya kita masuk kamar masing-masing dengan mengambil kesimpulan bahwa salah satu diantara bokapnya Anin dan Anin lupa dan tanpa sadar mengunci pintu belakang. Gw pribadi gak ada dugaan yang aneh-aneh ataupun perasaan buruk.

Setelah kejadian itu yang gak lagi kita bahas, kita berdua tidur. Gw mimpi hal yang aneh dan masih gw inget sampe sekarang gw nulis cerita ini.
Gw mimpi..

Gw keluar dari pintu belakang rumah Anin dan gw melihat ada laki-laki dan perempuan bertubuh tinggi dengan kulit yang putih. Perempuan itu memakai baju jaman dahulu, rok, panjang dan berwarna putih. Laki-laki yang bersama perempuan itu menggunakan kemaja putih dan vest. Yang sangat gw inget adalah muka perempuan tersebut sangat cantik dan memiliki hidung yang mancung. Gw melihat mereka berdua menari dan berputar sekitar dua kali. Lalu, Anin keluar dari dalam rumah dan menunjuk mereka berdua dan mereka berdua menghilang. Mereka masuk ke ruangan paling pojok di rumah Anin dan keluar lagi dengan wajah yang sangat marah. 

Gw cuma bilang ke Anin kalo gw mimpi di rumah lo ada hantu. Gw gak membahas itu lebih dalam, gak tau kenapa.

Pagi itu, setelah gw bilang ke Anin kalo gw mimpi aneh. Gw ke kamar mandi lagi karena gw masih sakit perut. Gw udah percaya diri buat keluar sendiri karena gw udah gak takut sama Chelsea. Gw cuma perlu bentak dia atau hanya sekedar nunjuk dia dan dia akan lari menjauh. Gw ke kamar mandi dan menyelesaikan hal yang perlu gw selesaikan. Gak lama, gw mendengar ada seseorang yang membuka pintu belakang. Gw ngedenger Chelsea memberikan respon, gw lupa apakah Chelsea menggonggong atau gak yang pasti dia mengeluarkan suara. Setelah itu gw mendengar orang ini masuk ke kamar mandi sebelah selama beberapa detik dan keluar lagi. Lalu gw meyakini itu Anin karena gw mendengar Anin berbicara sekitar 3 kata, gw inget banget suara yang Anin keluarin tapi gw lupa kata-kata apa yang dia ucapin. Gw yang tadinya mau manggil, gak jadi, karena ya udah aja gitu.

Setelah selesai, dan gak lama dari Anin yang abis dari belakang, gw masuk lagi ke kamar. 
dan...
Anin baru bangun dari tidur. Selama gw ke toilet, dia tidur. Gw melihat dengan jelas, wajah Anin yang bener-bener baru bangun tidur. Jadi kecil banget kemungkinan Anin berbohong.

"Loh Nin? Lu baru bangun? Lah barusan bukanya lu ke belakang?"
"Hah? gak, gw baru bangun"
"Sumpah demi apapun, demi Tuhan gw denger banget lo ngomong tadi di belakang"
dan segala detail ceritanya gw ceritain ke dia dengan wajah dan intonasi yang gak becanda. Gw beneran serius denger semuanya dan gw lagi gak becanda biar Anin percaya sama apa yang gw alami. 

Ya udah, kita lupain gitu aja.

Gw yang tadinya hari itu mau balik, akhirnya nginep lagi. Kita berdua ke dapur dan bikin telor buat kita makan. Anin bikinin gw telor dan gw duduk di sebelah Anin nungguin dia masak. Anin menghadap kompor dan gw menghadap ke arah bumbu dapur rumah Anin. Anin mengambil sebuah botol di deretan tempat bumbu dan gw melihat itu. Gw melihat salah satu botol merica Anin sedikit bergerak namun pergerakan yang ditimbulkan seharusnya gak buat botol itu jatoh. Beberapa detik kemudian, gw liat itu botol kelempar dengan kekuatan yang cukup lebay dan mendarat di tengah-tengah kaki gw yang sedang setengah berdiri cukup jauh dari posisi bumbu dapur itu berada. 

Gw terdiam beberapa saat, begitupun dengan Anin
"Anjir, kenapa bisa jatoh?" kata Anin
"Makanya itu gw mikir, ya udah lah"

Setelah kejadian telor goreng, bokap Anin ada dibelakang bersama adiknya Anin sebut saja Tezum. Gw menceritakan semua cerita yang gw udah jabarin diatas. Sebelum bokapnya Anin dateng, sambil makan gw ceritain soal mimpi gw ke Anin. Gw ceritain gak begitu jelas dan gw anggep itu mimpi biasa sampe akhirnya Anin bilang...

"Belanda gitu gak de?"
Gw langsung kaget
"Iya!! Kayak mancung gitu cantik mukanya, bajunya...." dst
Ok, kayaknya mereka dateng ke mimpi gw.

Mimpi itu semakin jelas ketika Anin nanya posisi kedua orang yang ada didalam mimpi gw. Gw tunjuk tempatnya dan ternyata di depan gudang. Lalu Anin berkata bahwa emang ada sesuatu di gudang itu. Setelah gw cerita ke bokapnya Anin, beliau mengiyakan cerita gw. Tezum juga menceritakan kejadian yang dia alami dan bilang ke gw untuk jangan takut. Soal suara Anin yang gw denger, mungkin banget itu kejadian. Karena bokapnya Anin dan Anin sendiri sering kali dipanggil sama suara salah satu dari anggota keluarga.
Soal yang ngunciin gw malem-malem, sangat dipastikan bokap Anin ataupun Anin gak ada yang ngunci pintu itu. Bokapnya Anin keluar buat bukain karena dia denger ada yang tutup pintu dan kunci pintu belakang. Teganya gw di kunciin :(

"Mungkin mereka mau kenalan sama lo, kak"









Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates