Minggu, 23 September 2018

Beberapa bulan yang lalu gw sempet post tulisan berjudul Ilona, salah seorang sahabat. Tulisan tentang teman-teman terdekat akan terus gw buat. Ingin menunjukan bahwa setiap orang punya keunikan masing-masing yang sangat bisa kita jadikan pelajaran ataupun kita contoh.



Heidy.

Namanya Heidy Solon, anak kedua dari dua bersaudara. Berbeda dari yang lain, dia satu-satunya anak kelahiran 1998 di pertemanan kita, masih bocah. Dia asli Makassar, keturunan Manado dan Toraja, datang ke Jakarta untuk kuliah. Di Jakarta bersama kakaknya, Hensy, yang juga berkuliah. 
Saat orang baru mengenal Heidy, mereka biasa menilai Heidy sebagai sosok yang pendiam, santai alias anti panik, dan dewasa. Dewasa karena ketika menghadapi suatu masalah, sering kali Heidy terlihat bisa menghandel masalah dengan baik karena ia tidak menghadirkan kepanikan didalam dirinya.

"bisa De bisa, ini bisa banget" adalah kata paling ampuh yang dia punya saat keadaan tidak memungkinkan. Ia meyakini bahwa segala hal masih bisa dijalani dan sebaiknya jangan menyerah. Kata-kata itu sering kali berhasil membuat oranglain merasa nyaman dan melupakan kepanikannya. 
Heidy adalah teman pertama dalam kehidupan gw yang mengajarkan bahwa situasi sulit gak perlu terus-terusan dibawa panik. Berdiam diri dan memikirkan solusi jauh lebih baik daripada sibuk pusing karena menduga-duga hal yang belum tentu terjadi. 
Jadi bisa dibayangin pas lo dan beberapa temen lo menampilkan ekspresi muka yang tegang, ada satu orang yang juga lagi berdiri disekitar lo sambil kasih muka datar dan bilang "kenapa sih?" itu dia Heidy. Agak bikin emosi kadang memang.

Menguntungkannya jadi Heidy, ya dia beneran jarang stress, bisa gw jamin. Santainya dia tu gak secetek itu ya. Dia santai banget kalo nilai dia gak dapet A, dia santai karena gak menetapkan standar apapun, yang penting lulus, santai aja. Terancam terlambat masuk kelas di kelas dosen yang benci mahasiswa telat, ya udah jalan aja yang cepet, emang bisa apa? panik gak membantu. 
Intinya segala hal jadi terlihat simpel di mata dia.

Sangking santainya, gw sampe bingung, ini orang kapan sih panik?
"Gw panik karna gw gak panik" bahkan dia sendiri bingung kenapa dia gak panik sama hal-hal yang seharusnya dia panik :( 

Tapi emang bener. Kadang tu kita, gw terutama, suka mikir terlalu berlebihan yang akhirnya cuma merugikan. Saat ada masalah datang, emosi gak jelas kayak sedih ataupun marah kok malah mendominasi dibandingkan diam dan cari solusi? 
Kok gw lebih milih garuk kepala dan menyerngitkan dahi mikirin terus masalahnya tapi gak langsung mikirin solusinya. Gw butuh waktu untuk tarik nafas, stop panik, dan baru mikir dengan jernih sebenernya apa yang terjadi dan apa yang bisa gw lakuin. Sedangkan untuk Heidy, sering kali ketika masalah datang dia bisa langsung memikirkan jalan keluar terbaik, langsung cari tau apa yang bisa dia lakuin, dan segera minta bantuan kalo emang dibutuhkan. 

Hieidy berada satu langkah didepan untuk masalah ini. Bangga. 

Selain itu! Heidy juga manusia yang mengajarkan bahwa definisi bahagia itu gak perlu muluk. Simpel tapi udah bisa bikin mood naik itu udah definisi bahagia yang dia cari. 
Kayak yang gw bilang tadi, pas baru kenal orang tu nilai dia sebagai pribadi yang dewasa, tapi kalo udah kenal deket, dia itu anak-anak. Bahkan dia mengaku bahwa dia yang sekarang cocoknya jadi anak umur 15 tahun, anak SMP :)

Gw pengen punya kebahagiaan sesimpel Heidy bahagia. Dia suka dengan impulsifnya pengen sesuatu. Ketika dia berhasil dapetin apa yang dia mau, bahagianya kayak anak SD dikasih sepeda, senyum mulu sampe yang liat capek.
Misalnya beli es buah, makan triple cheese burger nya McD, makan nasi goreng yang cuma dikasih bawang putih dan garem tapi menurut dia sangat enak, makan tempe goreng tepung pake nasi, dan hal kecil lainnya. 
Gw aja ikut seneng kalo liat dia seneng dapetin apa yang dia mau. 


Jika manusianya baca tulisan ini...

Terima kasih karena selalu santai dan positif walau keadaannya negatif. Selalu senyum dan yakin walau keadaannya ngeselin. Tapi, ada banyak hal yang memang perlu untuk di panikin. Ada banyak hal yang perlu dipikirin. 

Kenapa jarang banget sih nunjukin kalo panik?
Baru beberapa bulan terakhir aja lo nunjukin lo panik
Nah! Itulah kenapa gw suka banget bohongin lo soal tugas atau apapun itu yang bikin lo memunculkan ekspresi "HAH?! SUMPAH DE?!" dengan wajah gak santai

HEHE. 

Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates