Kamis, 03 Juni 2021

Insecure

Terlalu banyak orang yang insecure atas dirinya. Sebanyak itu sampe gak bisa dihitung satu-satu. Entah itu orang yang ada di sekeliling gw, ataupun orang yang gw gak kenal. Paling banyak merasa insecure atas tubuhnya, penampilannya. Gak nyaman sama bentuk tubuh, minta validasi sama orang lain sebelum pake baju yang dia inginkan. Terlalu takut dihujat, terlalu lelah mendengar hujatan, akhirnya gak berani mengekspresikan diri dengan bebas. Masalahnya, tidak bebas dalam berekspresi berujung pada beban karena merasa terkungkung, dibelenggu kebebasannya. 

Gw bener-bener empati sama orang yang selalu merasa insecure sama diri mereka sendiri. Gw gak pernah bosen mendukung mereka untuk menjadi apa yang mereka mau. "Gimana penampilan gw?/ gpp gak ya gw pake baju ini? Terlalu terbuka gak ya?", tanpa dibuat-buat, gw selalu bilang "BAGUS BANGET, PAKE AJA".  Sampe salah satu teman gw bilang ke gw

"Duh.. seandainya semua orang kayak lo" 
"Ya menurut lo gpp, tapi sayangnya menurut orang lain gak gitu"

Gw kasihan liat teman-teman gw yang harus memikirkan perkataan orang lain. Gw yakin banget rasanya gak nyaman. Gw yakin banget susah untuk menimbulkan kepercayaan diri yang udah terlanjur di-shut down sejak awal. Lebih tainya lagi kalau kepercayaan diri itu dimatikan sama orang terdekat kita, apalagi sama orangtua. 

Gw sangat mencintai diri gw. Mencintai apapun yang ada di diri gw. Tubuh gw, warna kulit gw, pengetahuan gw, suara gw, value gw, SEMUANYA. Gw mencintai diri gw sepenuh-penuhnya. Gw gak peduli sama pendapat apapun atas diri gw yang menurut gw gak membawa benefit. Lo boleh berpendapat, tapi gw boleh gak peduli dong atas pendapat lo?
Dan untungnya gw selalu didukung sama orang-orang di sekitar gw. Udah gw cinta diri gw sendiri, teman-teman gw pun gak bermasalah atas diri gw. Ada aja sih yang kayak gitu, tapi minim banget dan gak ada damage-nya sama sekali. 

Tapi sayangnya yang kayak gitu ke diri gw adalah orangtua gw sendiri. Saat gw mencintai diri gw sendiri, orangtua gw gak mencintai apa yang ada di diri gw. Saat gw mencintai tubuh gw dan merasa nyaman menggunakan pakaian tertentu, malah mereka yang bilang gw gak cocok/pantas pakai baju itu. Gw udah capek banget seumur hidup gw mengikuti gaya penampilan yang orangtua gw mau. Saat gw udah dewasa untuk menentukan pilihan gw, mereka kayaknya kaget deh. Gw sampe pernah bilang ke nyokap kalo gw tuh cinta diri gw, tapi kok aneh ya malah orang lain yang gak cinta sama gw. Kalo lo insecure sama diri lo, gak usah ditransfer ke orang lain :(
Lo tau gak sih kalo ada penelitian yang menyebutkan bahwa anak perempuan paling sering di-bully sama ibunya sendiri. Cari dan baca deh penelitiannya.

Buat gw lo bebas lakukan apa yang lo mau selama lo gak merugikan orang lain. Ini mutlak. Dosa ya dosa lo sendiri. Malu ya malu lo sendiri. Rugi ya rugi lo sendiri. Gw gak merasa punya hak aja sih untuk menghakimi pilihan hidup lo. Gw sekedar tau kalau misalkan pilihan hidup kita berbeda dan ya gak apa-apa. Kalo value kita berbeda dan gw terganggu dengan itu, ya sesederhana kita gak usah berhubungan aja. Gw gak mau susah payah bikin lo punya value yang sama dengan gw. Gw berharap orang-orang juga berperilaku begitu ke gw saat dia merasa bahwa value kita soal hidup itu berbeda.

Apalagi kalo kita ngomongin soal orang dewasa ya. Gw sih berasumsi orang-orang diusia dewasa sudah punya pemahaman dan kepintaran untuk menimbang sebelum mengambil keputusan di dalam hidupnya. Kalo dia mau lakuin hal yang menurut gw salah, gw diskusi sama dia soal pemikiran gw, dan dia tetep mau lakuin itu. Ya go for it. Balik lagi, konsekuensinya kan dia yang nanggung, bukan gw. Gw cukup jadi tempat cerita dia lagi saat dia merasa apa yang dia lakukan menimbulkan efek yang gak enak.

Duh, jadi kemana-mana nih ya. Tapi intinya begini... 
Menurut gw kita harus berhenti memberikan hujatan ke orang-orang atas diri mereka sendiri. Apalagi kalo lo menghujat sesuatu yang gak bisa orang rubah, hal yang berhubungan dengan fisik misalnya. Jangan ya, lo jahat. Kalo lo gak suka sama apa yang dia tampilkan, lo merasa gak nyaman, dan merasa dirugikan, silahkan walk away dari kehidupan orang itu. Kalo di sosial media, sesederhana unfollow atau block aja. Mereka sedang menikmati kehidupannya, menikmati apa yang mereka miliki. Beberapa di antara mereka lagi berusaha untuk membangun kepercayaan diri dan mencintai diri sendiri. Lo gak perlu bikin mereka jadi down. Kalaupun lo mau kasih masukan yang positif, sampaikanlah dengan baik. Ada banyak cara komunikasi kok, pilih cara komunikasi yang positif.










Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates