Rabu, 29 November 2017



Gw tipikal orang yang super cuek. Cuek tapi bukan gak perduli. Gw tetep aware sama sekitar gw, tapi gw memilih untuk gak mikirin sesuatu (co: masalah) lama-lama, karena hanya akan membuang tenaga.
Gw dianggep secuek itu, bahkan sama kedua orangtua gw yang selalu komentar "kamu tu terlalu cuek, kamu gak tau keadaanya", rasanya mau ngomong kalo gw tau semuanya tapi gw memilih untuk diam. Setiap ada orang cerita atau berkeluh kesah, gw mendengarkan dan memproses ceritanya, tapi gw hanya gak banyak berkomentar. Sama temen keliatanya gak yang secuek itu sih, cuma kalo sama kedua orangtua emang keliatanya se gak perduli itu, jadi wajar kalo komentar yang keluar "kamu terlalu cuek".

Tapi serius, ketika jadi orang cuek, rasanya asik banget. Lo gak perlu pusing mikirin hal-hal yang gak perlu lo pikirin dan berefek ke kehidupan lo. Gw punya temen yang super sensitif, dan dia bilang dia mau banget jadi orang yang cuek, jadinya gak overthinking.
Nah, semenjak jadi mahasiswa psikologi yang sedikit banyak di tuntut untuk peka dan berempati, rasa cuek udah mulai tergantikan dengan keperdulian. Gak hanya dengan orang terdekat tapi juga sama orang-orang yang gak pernah gw kenal. Di jalan, di stasiun, atau bahkan saat baca berita mengenai apapun yang menggerakan rasa empati gw.

Semenjak saat itu gw merasa bahwa gw berubah menjadi Dea yang sensitif dengan keadaan sekitar, lebih membuka diri untuk aware dibanding Dea sebelum kuliah. Positif dan diperlukan memang, tapi dalam beberapa aspek kehidupan sangat mengganggu.
Gw harus mikirin hal-hal yang sebelumnya gak pernah gw terlalu pikirin, dan efeknya menyerap tenaga gw, berasa capek.

Perubahan itu dimulai dari gw yang udah gak lagi slow sama nilai kuliah, ambis mau dapet nilai A, belajar sampe gila, dan mikirin banget pas nilainya gak sesuai ekspektasi. Waktu semester 1, 2, bahkan SMA, gw sama sekali gak mikirin soal nilai. Gw pikir ini mengenai tanggungjawab aja, gw merasa memiliki tanggungjawab yang besar dengan kuliah gw yang super mahal dan gw harus belajar dengan baik. Tapi, setelah dipikir ulang, kayaknya emang gw yang mulai menjadi Dea yang overthinking.  Hingga akhirnya gw sempet ada di titik "ah gw gak suka gw yang gini", setelah itu gw berusaha untuk cuek sama keadaan sekitar dan berusaha memilih mana yang mau gw pikirin dan mana yang mau gw lupain aja.

Gw yang secuek itu saat ini lagi menghadapi masalah yang besar. Gw mengerti situasinya, gw peka dengan situasi yang ada, tapi gw berusaha untuk gak jadiin itu sebagai masalah yang harus selalu gw pikirin. Tapi ternyata gw punya limit. Orang-orang sekitar gw yang juga terlibat dalam masalah itu membuat suasana menjadi serba kacau. Gw yang tadinya cuek, jadi harus mikirin masalah itu setiap hari, tiap menit, dan tiap detik dalam kehidupan gw. Tekanan yang gw rasain dari orang-orang disekitar gw membuat gw lupa bahwa gw harus berusaha mengontrol pikiran gw.
Efeknya, setiap hari gw gak pernah bisa lepasin beban itu dari pikiran gw. Gak hanya dipikirin, setiap kali gak ada sesuatu yang gw kerjain, gw hanya diam dan nangis. Intensitasnya sangat sering. Di kampus, pas lagi main sama temen, bahkan di kereta. Gokil.

Gw yang gak lagi cuek, sekarang jadi super sensitif. Bahkan gw udah gak bisa cuek sama tekanan yang datang ke gw. Dulu? tekanan seperti apapun gw tetep bisa ketawa dan lupain masalahnya. Mungkin karena ini pertama kalinya gw merasa gw udah lewat dari batas kuat gw, jadi kesedihan yang gw rasakan sangat berlebihan. Sampa detik ini perasaan itu sangat mengganggu. Capek harus merasa sedih dan menangis bahkan hanya karena stimulus yang gak berarti.

Itu ceritaku, mana ceritamu? ^^

Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates