Jumat, 01 September 2017

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menciptakan, mengartikan, dan mengungkapkan arti cinta.
Setiap orang tahu bagaimana caranya menikmati setiap hal yang ia cintai
dan seharusnya setiap orang dapat menyadari ketika ia mulai (terlalu) jatuh cinta.

Bagi gw, passion berperan penting, dan passion yang membuat gw mencintai apa yang gw kerjakan.

Dulu, alasan "gw gak ada waktu" sering banget diluncurkan mulut sendiri. Sekarang akhirnya baru benar-benar mengerti apa itu prioritas. Waktu selalu ada, prioritas yang menentukan mana yang mau didahulukan. Pekerjaan yang gak kepegang, bukan karena waktu yang gak cukup, tapi sesimpel gak di dahulukan atau di nomor duakan.

Gak sempet main, karena lebih mentingin tidur.
Gak sempet tidur, karena lebih mentingin ngerjain tugas.

Secara natural akan ada suatu hal yang jauh lebih didahulukan dibandingkan lainnya. 
Nah! Yang selalu jadi masalah adalah bagaimana caranya menentukan prioritas.
Setiap orang punya caranya masing-masing untuk menetapkan hal apa yang lebih dahulu dilakukan berdasarkan urutan prioritas yang dia buat. Ada yang mengacu pada kegiatan mana yang lebih duluan menetapkan jadwal, atau saat mengerjakan tugas ada yang menentukan priroritas dengan cara melihat deadline mana yang terdekat tapi ada juga yang menyelesaikan tugas berdasarkan tugas mana yang paling dia suka. 

Intinya, selalu ada banyak alasan dibalik menentukan prioritas. 

Kalo gw, prioritas itu ditentukan dari seberapa cinta gw sama pekerjaan yang akan gw lakukan. Semakin gw cinta sama pekerjaan itu, semakin gw berikan seluruh tenaga jiwa raga dan waktu gw buat kegiatan yang gw lakukan. Kalo gw selalu ada buat suatu hal, misalnya dalam hal pertemanan, itu artinya lo masuk ke top list prioritas gw. Njay.

Jadi sekarang kalo misalkan ditanya..
"Kemana aja lo? Gak pernah bla bla bla"
"Sorry, itu gak masuk prioritas gw"
hehe.

Gw baru menyadari bahwa kecintaan gw sama suatu hal sangat amat berpengaruh dalam gw menentukan prioritas.
Rasa cinta gw sama kegiatan yang gw lakukan juga bergantung dengan banyak hal. Seperti orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut dan kegiatan apa yang dilakukan. Dua poin itu yang akan menimbulkan sense of belongingness dalam diri gw. 
Gak sulit buat gw nimbulin itu. Gw anak yang sangat bisa dengan mudahnya gabung dalam lingkungan sosial baru, begitu gw bisa berbaur disana dan gw merasa punya banyak teman yang dapat mendukung gw, gw langsung sayang sama kegiatan yang gw lakukan. 
Semakin cepat gw bisa berbaur dengan lingkungan tersebut, semakin cepat gw punya banyak teman baru, semakin cepat pula gw mencintai kegiatan tersebut dan otomatis semakin diatas juga posisi kegiatan itu didalam list prioritas gw.

Gw gabung di paduan suara, latihanya dua minggu sekali dan di sore hari sekitar jam 4an sampe jam 5an. Terus dulu jadwal kuliah gw selesai dibawah jam 12. Gw milih pulang buat tidur, gw gak masukin latihan dalam prioritas gw. Ngapain banget kan nunggu berjam-jam. Sedangkan anggota lainnya, ada aja mungkin yang gak ada kelas tetep ke kampus padahal rumahnya jauh mampus cuma demi belajar lagu Sigulepong. Ya karena dia sangat amat memprioritaskan paduan suara.

Gila nya banget, gw baru menyadari bahwa kecintaan gw terhadap suatu hal sangat amat berpengaruh pada prioritas gw dan sangat berpengaruh pada pengorbanan yang gw berikan.
Tahun ini, gw sebagai anggota himpunan membawahi projek dari himpunan gw, kami disebut Teman Projek. Kegiatanya olahraga gitu, yang dimana dulu setiap tahun acara olahraga itu di selenggarakan gw gak pernah dateng karena gak tertarik. Bukan gak tertarik sih, gak mau memberikan waktu aja buat dateng ke acara itu. 
Sekarang, gw harus dateng karena itu pekerjaan gw. Sebetulnya gak di wajibin tiap hari dateng sampe evaluasi, tapi kocaknya selama 7 hari kegiatan, 5 hari diantaranya gw selalu dateng sampe evaluasi dan 2 harinya gak karena ada hal lain yang gw prioritaskan, kuliah.

Paling gokil pas gw selesai kelas jam 10.40, gw nungguin itu acara mulai jam 14.00 dan gw duduk di Sport Hall buat ngeliatin itu kegiatan sampe jam 20.00 ditambah evaluasi dan beres-beres, kira-kira keluar kampus sekitar jam 10an. Gw di Sport Hall udah sampe berdiri, duduk, tiduran hingga guling-guling di lapangan. Ya emang gitu, gak ada yang gw kerjain secara eksplisit. Gw hanya memperhatikan aja dan nanti memberikan evaluasi di malam hari. 
Gw rela ngerjain tugas disana sambil liatin bola seliweran ditemani pop mie dan milo yang dijual panitia dana. 

Woi.. gila... Ini kegiatan udah masuk top list prioritas banget. 

Udah sih gitu aja, terkejut aja gw.
Iya.. Anti klimaks emang.

Tengs. 










Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates