Senin, 01 Januari 2018



Jadi hal menarik apa yang terjadi di tahun 2017?
Mari kilas balik perjalanan tahun lalu ^^
Yea padahal baru 3 jam lalu tahun 2017

Kata yang tepat untuk menggambarkan tahun 2017 adalah ROLLER COASTER. Ada bahagia, susah, senang, tertawa, gembira, drama, putus asa, kecewa, dan semua hal buruk yang sebaiknya gak terulang lagi di tahun 2018.

Tahun 2017 dimulai dengan gw yang menjalani semester 4, semester mematikan anak-anak psikologi Atma Jaya. Kenapa mematikan? Karena hampir semua mata kuliah di semester itu harus diselesaikan dengan mengambil dan mengolah data. Hari-hari dihabiskan untuk mencari fenomena, masalah, membangun kedekatan, ke lapangan, keluarin duit berkali kali untuk setiap pekerjaan yang kita lakukan, dan semua bener-bener butuh perjuangan luar biasa. Itulah kenapa hampir semua senior selalu menggambarkan semester 4 sebagai semester paling ditakuti di psikologi.

Dibalik capeknya semester 4, ada hal menarik yang gw dapatkan. Bagi gw, semester 4 adalah semester paling menyenangkan dan paling gw sukai. Iya gw emang gila, mungkin kalo ada mahasiswa lain yang baca ini mereka akan hujat gw. Di semester 4, gw menemukan sahabat terbaik. Sahabat yang bisa menjadi teman belajar dan sekaligus teman bermain. Mereka ambisius tapi mereka juga bisa diajak main. Kalo kata sebagian orang di semester 4 banyak pertemanan jadi hancur, buat gw semester 4 gw menemukan teman yang luar biasa kuat. Gw yakin, karena mereka semester 4 terasa membahagiakan. Setiap mata kuliah gw selalu sekelompok sama mereka dan itu yang membuat gw bisa melalui semester 4 dengan baik.

Walau terdengar suka cita, tapi gw harus mengakhiri semester 4 dengan berita paling buruk, gak lulus eksperimen. Rasanya hancur banget, yang lain lulus dan gw gak. Gimana bisa kebayang coba ngulang mata kuliah seberat mata kuliah eksperimen? Rasanya gw mau berhenti aja kuliah :')
Walau gak lulus eksperimen, tapi gw lulus inferensial, mata kuliah statistik yang lumayan di benci mahasiswa. Ya tapi lulus dengan nilai C. Walau dapet C, gw tetep dapet IP diatas tiga.
2017 diawali dengan pembelajaran yang berharga. Walau ada hal menyakitkan disana, selalu ada suka cita, tergantung gimana kita melihat sebuah perjalanan hidup. A N J A Y

Jadi bagian dari pengurus paduan suara juga menjadi perjalanan hidup yang menarik di tahun 2017. Gw mencintai paduan suara itu dan gw selalu berusaha memberikan yang terbaik walau akhirnya sangat mengenaskan dan menyedihkan. Sedih banget sampe gw nangis berkali-kali hanya dengan pertanyaan dari anggota lain "De, kenapa?", dua kata itu aja udah sukses bikin air mata merembes. Ya walau gitu, tapi gw tetep menjadikan pengalaman menyedihkan itu sebagai pembelajaran. Setidaknya disana gw merasakan yang namanya kasih sayang dan kekeluargaan. Di PSGSJ gw merasakan kehangatan itu, walau banyak cacat disana sini, but I do love PSGSJ. Kalo aja ada anggota PSGSJ yang baca ini HEHE, salam rindu dari Dea yang sempat menangis didepan sekre setelah sekian lama gak mengunjungi markas kita dan saat masuk lagi kesana, rasanya sulit untuk melupakan kenangan berharga bersama kalian semua, keluargaku :')

HIMAPSI membuat perjalanan hidup tahun 2017 semakin mantap djiwa!
Cuma bisa merasa bersyukur karena diberi kesempatan untuk bergabung didalam organisasi se canggih HIMAPSI yang proses assesmen nya sungguh luar biasa, gw rada bingung bisa keterima. Tapi yang pasti, gw berkembang banyak di HIMAPSI, gw juga diberi kesempatan untuk menjadi projek manager salah satu projek HIMAPSI untuk April 2018 nanti. Wah bersyukur deh bisa kenal satu persatu orang didalam HIMAPSI, gokil lo semua! YAK walau gw masih harus bikin individual report buat panitia projek yang gw supervisi :'D

Beralih ke semester 5, gw bertemu orang-orang luar biasa lainnya. Dita, Heidy, dan Ilona. Cinta banget gw sama kalian. Makasih ya udah buat segala sesuatu nya menjadi mudah dan menyenangkan. Karena kalian penderitaan bisa kita ketawain bareng-bareng. Makan sate taichan di senayan jam 12 malem, ke ciepete demi makan ayam goreng disto, makan di parmin sambil ngomongin apa yang kita gak suka satu sama lain, dan banyak lagi kenangan sama kalian yang akan selalu gw simpan sampai kapanpun.

Buat Dita, makasih Dit lo udah jadi tempat paling nyaman buat gw. Lo ada dan mengulurkan tangan lo buat gw kapanpun gw butuh, bahkan dulu saat kita belum deket lo bersedia bantu gw dengan senang hati. Sampe akhirnya kita berdua tau ya, kita punya banyak kesamaan yang kadang bikin kita saling gak suka satu sama lain. Tapi sekarang kita udah ada di tahap memahami satu sama lain, maka dari itu gw bersyukur kita beberapa kali berantem, karena bagi gw tandanya belom deket kalo sahabatan belom pernah berantem HEHE. Bahkan kita berdua menganggap diri kita saudara ya Dit, sangking deketnya kita. Ya lo udah bagaikan apapun deh di hidup gw, segala macem role ada di lo. Makasih Dit, gw bener-bener bersyukur banget bisa kenal sama Maria Goretti Anindita Kris Hapsari, manusia pala batu yang kusayangi <3

Buat Heidy manusia paling selo sejagat raya, makasih selalu ada buat gw. Selalu bales saat gw chat, selalu mau denger keluh kesah dan kesedihan gw saat berantem sama Dita HAHA, selalu kasih gw masukan, dan lo bener-bener pendengar yang sangat baik. Makasih juga udah selalu paham kalo gw lagi gak mood, lo bisa hibur gw dengan keanehan lo itu. Lo juga penengah karena lo selalu selo dan netral. Karena lo juga gw belajar banyak, banyaaaaakkk banget Dy. Btw gw gak nerima probing dari lo lewat whatsapp ya kalo lo baca tulisan gw, silahkan interpretasi sendiri :)
Jangan bosen nunggu gw di stasiun cawang berjam jam, karena gw baru otw dari Bekasi. Dy, kalo gak suka bilang aja, jangan memilih diem dan berusaha lupain kekesalannya ya. Ini bukan soal lo yang memilih gak mau debatin segala hal, tapi ini tentang kita temen-temen lo yang juga perlu belajar  dan berkaca tentang sikap kita melalui kekesalan lo :)

Buat Ilona yang sangat sibuk. Ilo, gw sangat senang bisa mengenal lo lebih dalam. Tau sisi lain dari Ilona yang selama ini gak pernah gw bayangkan, Ilona yang lembut perasaanya dan juga hatinya. Ilo banyak-banyak main dong, kita masih perlu mengenal lebih dalam satu sama lain. Good luck ya buat peminatan klinis mu. Ilo walau gw tau kita gak sedekat itu, tapi gw tau lo teman yang sangat amat baik. Makasih ya Ilo, lo udah menginspirasi gw banyak hal dari cerita-cerita lo, sangat membuat gw menemukan banyak hal baru mengenai kehidupan. Iluvu :*

Sekarang untuk yang selalu ada setiap tahunya dari SMA, Merian anak pemilik agung podomoro, terima kasih Mer. Makasih banyak, di diri lo gw menemukan 99% kesamaan. Gila, kita bener-bener sama dalam banyak aspek. Makasih lo udah ikutan nangis waktu gw drop banget semester 4, kita nangis bareng di vidio call dan gw gak habis pikir kenapa lo nangis duluan sebelum gw nangis. Lo bilang "Gw ngerasa ikut sedih aja gitu liat lo sedih". Lo orang yang tau banyak hal tapi gak pernah sok tau dihadapan gw, adikmu ini. Lo mengajarkan gw banyak hal mengenai saham agung podomoro dan cara membeli saham yang efektif di jaman now tanpa bilang gw payah dan bego. Lo juga banyak bercerita tentang pengalaman lo menanam saham di banyak perusahaan dan mengajak gw untuk mulai menanam saham tanpa pernah maksa gw untuk ikutin lo. Makasih untuk kesenangan kita makan bakso di Australi, Ibu Kota Wisma Jaya. Sejak awal gw kenal lo, gw tau kita akan bersahabat baik sampe keturunan kita ikut sahabatan. I love you Mer, walau lo sempet bikin gw jengkel dan kita gak usah mengelak, kita sempet renggang dan gak lagi telponan, atau vidio call an tapi sekarang semuanya baik-baik aja dan gw sangat bersyukur. Jangan lupa rapat pemegang saham tanggal 3 Januari, sampai bertemu!

Nah! Satu lagi pembelajaran paling berharga yang gw dapetin tahun ini adalah stop hanya memikirkan diri sendiri. Saat merasa kecewa dengan orang lain dan rasanya mau teriak marah gak terima, beberapa orang bilang "Lo harus bilang De, lo gak suka di tekan!" kemudian gw merasa hancur, sedih, dan gak dipahami. Sampai akhirnya gw sadar, gw hanya memikirkan diri gw sendiri dan gak memikirkan perasaan orang yang sedang gw benci sikapnya. Saat gw berusaha untuk memahami, gw tau bahwa dia melakukanya untuk sebuah tujuan, dia melakukanya sebagai coping stress untuk diri dia sendiri.
Gw bersyukur gw bener-bener menerapkan 'memikirkan orang lain' gak hanya teori dan ngelakuin itu untuk orang lain, tapi juga untuk keluarga gw sendiri.

Terakhir, untuk semua orang yang gak bisa disebutin satu persatu. TERIMA KASIH ya, sungguh keberadaan kalian menambah kesan berwarna di kehidupan gw tahun kemarin. Kehadiran kalian buat gw belajar banyak dan lebih dewasa.

Selamat datang 2018, mari kita buat cerita baru lainnya ! ^^

Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates