Selasa, 16 Maret 2021

Gw percaya sama feeling gw, karena sering kali akurat. Gw tau banget hal apa yang akan gw lakukan dan gw tau output-nya akan gagal, begitupun sebaliknya, gw tau hal apa yang gw lakukan dan output-nya akan bagus sesuai dengan dugaan. Perasaan itu gak bisa dijelaskan, perasaan itu ada, perasaan itu menimbulkan keyakinan. 

Tapi apa yang terjadi saat perasaan itu tidak terbukti benar? Sejujurnya gak tau, karena selama ini perasaan gw atas sesuatu hal yang besar itu gak pernah meleset. Kalaupun meleset, ya paling dikit, gak jauh-jauh amat. Jadi, gw emang gak pernah ditempa rasa kecewa berlebihan. Apalagi gw emang anaknya sangat percaya bahwa proses gak akan menghianati hasil. Gw hampir gak pernah kecewa. Bahkan gw lupa kapan gw mengkategorikan diri gw sebagai manusia gagal hanya karena beberapa rencana dalam hidup gw gak berjalan sesuai dengan yang gw mau. Kayaknya gak pernah. Gw sangat percaya kalau kegagalan dan keberhasilan gw itu ditentukan oleh faktor internal alias diri gw sendiri dan faktor eksternal, hal di luar diri gw yang gak bisa gw atur. 

Gw anaknya legowo aja. Tapi dari banyaknya momen, satu kejadian yang membuat gw kecewa luar biasa adalah ketika keinginan gw untuk S2 terancam batal. Itu pertama kalinya gw merasa sedih banget, pertama kalinya gw mau banget sesuatu dan gak bisa gw dapatkan. Gw galau tiga hari-an, abis itu ya udah mulai masuk fase berjuang sekaligus menerima. Habis itu mulai menata diri dengan rencana lain.

Gw hanya takut kalau gw berada dalam kondisi ketika gw mengharapkan sesuatu yang menurut gw akan gw dapatkan, tapi ternyata gw gagal. Gw sudah percaya, yakin, menyerahkan seluruh tenaga, dan memiliki harapan yang besar. Tadinya gw pikir gw akan biasa aja, tapi ternyata gak juga loh. Kegagalan itu belom benar-benar ada di depan mata gw sih, tapi gw sedikit bisa merasakan kecewanya ketika peluang gagal semakin besar . Karena setiap keberhasilan yang ingin gw capai itu biasanya bermuara pada rencana-rencana lain. Jadi, kalau apa yang gw bidik ternyata salah sasaran gw harus atur ulang lagi  bayangan akan masa depan gw. Gw harus membuka diri lagi akan kemungkinan-kemungkinan lain yang tadinya tidak terpikirkan. Mulai dari 0 lagi.

Iya, gw selalu berdoa kok sama Tuhan. Doa gw juga spesifik banget. Gw meminta. Tapi kadang ada momen tertentu yang tadinya doa gw spesifik sampe akhirnya berganti dengan kata-kata "... tempat dan waktu yang terbaik ya Tuhan". Gw selalu percaya Tuhan akan memberikan tangannya, tapi kadang dengan membuka kemungkinan bahwa gw bisa aja mendapatkan sesuatu di luar rencana gw, itu membuat gw akan lebih ikhlas kalau suatu hari gw mendapat kenyataaan bahwa gw gagal. Bahwa gw harus mencoba lagi.

Tuhan, please, bantu aku berhasil di sesuatu yang sudah aku usahakan sekali ini :'


Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates