Minggu, 14 Maret 2021

Tulisan ini akan sedikit beririsan dengan tulisan gw yang sebelumnya. 

Gw mengkategorikan diri gw sebagai manusia yang lahir dan berkembang di lingkungan yang serba berkecukupan. Sejak kecil gw selalu dapet apapun yang paling terbaik, barang dan makanan misalnya. Gw selalu punya apapun yang lagi happening di masanya, hampir selalu jadi si nomor satu yang punya, masuk ke TK terbagus, masuk SD-SMA swasta yang ok, dan kuliah di kampus top swasta di Jakarta. Intinya, kebutuhan gw terpenuhi sejak gw kecil, saat gw dewasa gw baru menyadari bahwa apa yang gw rasakan itu adalah sebuah kemewahan. Gw bukan dari keluarga kaya raya luar biasa yang tinggal di perumahan elit Jakarta, tapi gaya hidup gw udah bisa memenuhi banyak keperluan tersier, alias gak perlu-perlu amat. 

Sejujurnya gw baru menyadari bahwa hidup gw lebih dari cukup itu saat gw udah dewasa. Sebelumnya gw hanya merasa bahwa kebutuhan hidup gw terpenuhi dan ya itu standart aja. Gw menyadari itu saat gw denger cerita temen gw yang bilang kalo dia gak bisa dapetin apa yang gw dapetin di masa kecil misalnya. Beberapa momen membuat gw mikir, oh iya ya gw itu hidup dengan serba berkecukupan. 

Sampai di sini mari kita simpulkan bahwa sudut pandang gw adalah si anak yang privillage. 

Sepanjang kehidupan gw yang serba ada ini, ada banyak banget orang di sekeliling gw yang lebih mampu lagi. Mungkin ini yang buat gw gak sadar kalo gw ini hidup dalam gelembung kemewahan. Bagi gw ya gw biasa aja karena ada temen gw yang liburan sekolahnya ke Korea. Senior pas gw sekolah, umur 17 tahun dibeliin mobil. Adik kelas gw lulus kuliah gak dibolehin kerja dulu sampe corona-nya selesai. Temen kampus gw janjian nonton konser artis luar negri, dia dulu yang transferin bayaran tiket temen-temennya, waw duitnya puluhan juta ya bund di ATM. Ke Singapore kayak ke Bandung, setahun ribuan kali. Punya barang-barang sekelas Nagita Slavina. Atau yang lebih sederhana adalah dalam satu hari gw rapat organisasi pindah beberapa tempat rapat yang perlu keluarin uang dengan jumlah yang gak sedikit. Bagi gw mereka definisi orang kaya. Ya, ini persoalan perspektif aja.

Sampai di sini mari kita simpulkan bahwa sudut pandang gw adalah si anak tengah. Privillage kalau mau dinilai dari rata-rata  masyarakat, tapi biasa aja kalo komparasinya adalah orang-orang di lingkungan gw hidup. 

Di kehidupan gw yang gw nilai cukup aman dan nyaman ini ada beberapa momen gw sama sekali tidak merasakan kemewahan yang sebelumnya gw rasakan. Gw beberapa kali ada di posisi yang buat gw gak memungkinkan minta duit sepeserpun dari orangtua gw. Tolong jangan hina gw dengan "ah paling kegelisahan gak punya duitnya orang menengah, masih punya duit", gak ya, ini definisi gak punya duit beneran. Bener-bener jauh banget dibandingkan gaya hidup gw sebelumnya. Dari Dea yang minta duit gak mikir, minum Starbucks sehari bisa dua gelas venti, tidak lupa dengan sepiring peanut butter panini-nya, makan siang di mall, berujung pada... warteg aja kali ya? Beli kopi sachet aja deh. Duh mau makanan manis gak ada duit, bikin apa ya dari bahan di rumah? Ya, seberbeda itu. Boro-boro nongkrong ala-ala anak muda ibu kota yang hamburkan duit, kebutuhan mendasar untuk beli makan aja minta duitnya susah, harus makan di rumah biar irit. 

Sampai di sini mari kita tambahkan kesimpulan bahwa gw pernah ada di posisi yang gak enak. Posisi yang membuat pergerakan gw mentok mau gw bergerak kemanapun. 

Kesimpulan sementara dari tulisan gw di atas: Gw ini selalu ada di posisi extreme. Posisi saat gw ada banget duit dan posisi gw sama sekali gak ada duit. Ya gw cukup valid mungkin ya nulis opini gw di tulisan sebelumnya? :))

Iya, paham, banyak yang jauh lebih menderita dari gw. Gw cuma mau menjabarkan aja kalo sudut pandang gw soal isu ini cukup luas. Belom lagi gw yang emang suka banget mendalami isu-isu sosial, gw cukup sadar apa yang sedang diperjuangan orang dari golongan tertentu. 

Selanjutnya gw mau ngomongin soal susahnya keep up dengan sesuatu yang kita gak punya, makanya kan judul tulisan gw sebelumnya 'gaya hidupku, bukan gaya hidupmu'. Mengejar kebiasaan orang kaya itu susah, tapi nyamain diri dengan standart kebutuhan orang yang di bawah kita itu juga rasanya gak mudah. Gw pernah ada di peer group isinya orang-orang kaya, aduh gw kerepotan banget ngikutin bm nya mereka. Maunya mereka itu banyak, mahal, tapi mereka gak sadar karena ya itu gaya hidup mereka. Gw pernah ada di peer group yang gaya hidupnya sama kayak gw, ini super asik! Kita bisa makan mahal, tapi kita juga ok makan makanan standart. Gw pernah ada di peer group yang isinya orang-orang sederhana. Ya karena terlalu sering kebutuhan gw gak bisa terpenuhi, bahkan untuk sesuatu yang menurut gw udah sangat biasa aja, mereka gak bisa afford, jelas gw yang harus ikutin gaya hidup mereka. Susahnya itu kadang ya sebagai manusia egois gw juga mau diikutin, gw mau memenuhi kebutuhan gw juga. 

Dari pengalaman itu gw bisa mengambil asiknya di masing-masing kondisi. Sama yang gaya hidupnya kayak gw, fix kita sobat banget, soalnya paling enak kan ya nemuin orang yang sama kayak kita. Sama yang si tajir, buat gw ini kayak sekedar pengetahuan aja gimana gaya hidup manusia tajir HAHA. Sama yang gaya hidupnya sederhana, buat gw jadi mulai pintar mengkategorikan hal yang perlu dan tidak perlu untuk gw beli. Walau mampu, lebih baik tetep bisa menentukan prioritas dan gak usah berlebihan.

Gw juga semakin menyadari bahwa sebesar itu jarak strata sosial orang-orang. Miris. Idealnya perbedaan ini bikin kita saling membantu satu sama lain gak sih? 

Setelah melalui beberapa kondisi ekonomi, gw punya dua poin yang menurut  gw penting untuk dimiliki seseorang. Selalu mau berjuang dan harus memiliki perasaan 'cukup'.




Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates