Sabtu, 16 Desember 2017

Sebagai mahasiswa yang hobinya main dan nulis di blog, seumur-umur gw belom pernah deh kayaknya kerjain sesuatu dan dapet duit dari apa yang gw kerjain. Apa pernah ya? Lupa sih hehe.
Oh pernah! Job nyanyi dulu waktu SD, nyanyi di TV, keren emang. Tapi bayarannya gak keluar keluar, gak apa apa yang penting pengalamanya.
Eh! Ada lagi deh job nyanyi juga waktu SD, terus dapet sekitar 200 ribuan gitu, buat anak SD gede sih itu.

Ok kalo gitu bukan pekerjaan pertama, tapi pekerjaan pertama yang gw anggep sebagai pekerjaan. Iya, membingungkan memang. Intinya kerja.

Suatu hari, senior gw, panggil saja Jessy, chat gw nanya apakah gw mau gabung ke tim penelitian dosen. Tanpa berpikir panjang gw ok aja dan gw ajak satu temen gw yang lain. Sebenernya sebelum tawaran itu, gw pernah diajak kak Jessy buat gabung ke timm penelitian dosen, tapi gw menolak. Sepertinya karena waktu itu merasa masih belum apa-apa dan cuma junior cupu, terlalu takut jadinya menolak. Eh tapi mungkin karena faktor dulu males aja berkegiatan lain karena lebih milih pulang. Antara dua itu lah pokoknya.

Akhirnya gw menjadi team eksperimen dosen. Kedengerannya keren yha hehe. Waktu itu gak mikirin bayaran sama sekali, mikirnya lagi dikasih kesempatan buat memiliki pengalaman dan gw ambil kesempatan itu!
Jadi kita melakukan eksperimen di sebuah sekolah menengah atas, eksperimen mengenai sesuatu pokoknya. Disana gw berperan sebagai pemberi instruksi, membagikan kertas yang akan mereka isi, dan mengelompokan kertas berdasarkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Selesailah hari itu dengan sangat membahagiakan. Sumpah ya sebelum mulai, degdeganya ngalahin orang mau UN. Karena pertama kali gitu loh, takut banget salah. Kalo kata kak Jessy wajar namanya baru pertama kali.
Ya menurut lo aja, kerja sama dosen loh kalo salah... wah cuy. Semester depan ketemu itu dosen kan rasa gak enaknya luar biasa pasti.

Tugas gw selanjutnya adalah input data penelitian. Data kami bawa, menjadi tanggungjawab masing-masing. Cuy, gw peluk itu berkas sampe ke Bekasi. Takut banget ilang, jatoh, atau sampe ketinggalan. Dosen santai aja gitu soal input data, gak buru-buru. Saat gw mau ngerjain dan dikirimin excel nya, gw merasa sama sekali gak ngerti disuruh ngapain. Sampe akhirnya gw tutup lagi itu kertas-kertas tebal dan gw memutuskan untuk gak ngerjain saat itu juga.
Hari hari gw dipenuhi dengan degdegan tiap liat kertas-kertas itu, merasa lagi meninggalkan tanggungjawab dan gak cepet-cepet diselesain gitu. Hingga akhirnya buka lagi berkas yang dosen kirim dan mencoba memahami maksud dari file excel tersebur. Eh ternyata ditiap kolomnya ada instruksi yang sangat amat jelas, yaila.

Langsung gw selesain malam itu juga, kirim ke dosen, biar gak ada beban.
Kerjaan kedua kita selesai, masih ada kerjaan ketiga. Input tugas yang sudah mereka buat di kertas folio gitu, mayan kriting sih jari ngetiknya.
Dengan ambisius gw kerjakan dan gw kirm ke dosen, selesailah tugas gw sebagai team penelitian. A.n.j.a.y.

Berbulan-bulan kemudian, datanglah sebuah pesan di whatsapp bahwa kita bisa mengambil uang yang kita dapatkan. Wah setelah dapet kaget banget, diluar perkiraan, banyak banget loh yang gw dapetin! Senengnya bukan main.

Itu adalah pengalaman pertama gw mengerjakan sesuatu dan mendapatkan imbalan berupa uang dari apa yang gw kerjakan. Sejak saat itu gw paham sama orang-orang yang bilang..

"Ah males kuliah lagi kalo udah ngerasain kerja dan dapet duit"

Se seneng itu ternyata dapet duit dari apa yang kita kerjain.

Dea Astari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates